in

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Saat santai di sore hari pasti paling enak baca koran atau majalah sambil ngopi, atau kalau yang suka main gadget sambil facebookan dan belanja online. Kondisi yang santai dan tidak ingin diganggu oleh hal-hal yang berurusan dengan kerjaan di kantor atau kampus biasanya sering diisi dengan minum teh atau kopi.

Tambah nikmat kalau ditemani dengan cemilan yang lezat dan murah meriah. Nah, berikut ini 5 jajanan pasar yang bisa jadi pilihan teman minum kopi Anda.

Tapi uniknya, ada jajanan atau kue yang biasanya jadi teman ngopi atau ngeteh para kakek, nenek, atau bahkan orang tua di rumah, namun sampai sekarang juga masih bisa ditemukan.

Daftar Jajan Pasar Yang Pas Buat Nemanin Ngopi

Mau tau apa saja roti dan kue zaman dulu yang tak pernah lekang oleh waktu? Simak daftarnya berikut ini!

1. Kue cucur

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Tekstur kue yang satu ini berserat sehingga sangat memanjakan lidah.

Kue cucur bisa kita temukan di pasaran, baik di pedagang kaki lima atau toko kue tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng.

Kue cucur bentuknya bulat tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya.Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, kue cucur wajib dihidangkan.

Baca:   5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

2. Uli

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Kue khas jajanan pasar ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa parut, yang kemudian dimasak dengan cara dikukus. Setelah matang dikukus, adonan uli itu ditumbuk hingga halus yang kemudian didinginkan dan disajikan dalam bungkusan daun pisang.

Cara penyajian Uli ini bermacam-macam, ada juga yang ditaburi dengan kelapa sangrai. Bagi masyarakat Betawi, uli adalah penganan yang wajib ada dalam acara keluarga atau lebaran. Uli menjadi makanan yang nikmat jika di makan sambil ngopi atau minum teh.

3. Kue dongkal

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Kalau Anda sering datang ke acara orang Betawi pasti akan disuguhi Kue yang satu ini, namanya Kue dongkal. Kue Dongkal adalah kue yang tebuat dari tepung beras dan gula.

Namun sayangnya saat ini Kue dongkal, sudah jarang ditemukan.  Kue tradisional yang banyak disukai ini paling cocok dijadikan teman minum kopi atau teh, karena rasanya yang enak, campuran gurih dan manis.

4. Lemper

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Selain uli penganan ini yang biasa kita kenal dengan nama lemper, juga terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian diberi isian abon atau suwiran ayam. Cara membuat lemper mencakup persiapan daging ayam dan mengetim ketan (bisa dengan santan).

Selanjutnya, daging ayam yang sudah disuwir dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, selanjutnya dikukus.Nah Lemper juga cocok untuk teman ngopi kita.

Baca:   Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

5. Pisang Goreng

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Siapa siih yang gak suka Pisang goreng ? makanan ringan yang banyak ditemui di Indonesia. Kudapan enak yang dibuat dari buah pisang ini cara membuatnya sangat simpel.

Caranya buah pisang, sesudah di kupas kulitnya dipotong-potong sesuai keinginan kemudian di lumuri bersama adonan kental terbuat dari campuran tepung, telur, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.

Saat ini banyak variasi cara membuat pisang goreng, ada yang diberi parutan keju bahkan ada juga yang dilumuri coklat. Pisang goreng paling nikmat di makan bersama teh hangat ataupun kopi. Hmmm..

6. Kue Apem

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Kue apem merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak disukai. Namun tahukah Anda bahwa di Malaysia juga dapat ditemukan kue dengan nama yang hampir sama yakni “kuih apam” tetapi berbeda dalam bahan dan cara membuatnya.

Kue apem menggunakan tape singkong, santan dan air kelapa, sedangkan “kuih apam” sama sekali tidak mempergunakan bahan-bahan ini. Bentuk kuenya juga berbeda.

“Kuih apam” lebih mirip dengan kue mangkok yang tidak mekar, selain itu kue apem juga banyak yang menjadikannya sebagai teman minum kopi.

6. Donat kampung

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Saat ini banyak kedai kopi atau kafe yang menyediakan donat sebagai teman minum kopi. Namun donat yang akan kita bahas ini tentu saja berbeda dengan donat yang ada di kedai atau kafe.

Donat ini dinamakan donat kampung, karena berbeda dengan donat modern. Hal ini karena donat kampung dibuat dengan paduan tepung terigu dan kentang. Sehingga teksturnya lebih lembut dan empuk, selain itu donat kampung juga tak memakai banyak topping.

Umumnya hanya diberi taburan gula halus atau coklat. Karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, membuat donat kampung cocok dijadikan teman ngopi.

Baca:   9 Kuliner Semarang Ini Cocok Untuk Anda Jadikan Oleh-Oleh

7. Kue Lupis

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Minum kopi pahit akan terasa manis jika acara ngopi Anda ditemani oleh Kue Lupis. Karena jajanan pasar yang satu ini terbuat dari ketan sehingga memberikan kelezatan khas yang legendaris.

Selain itu teksturnya yang kenyal dibalut dengan kelapa parut yang gurih. Kemudian disiram oleh saus gula merah yang manis rasanya akan menjadi gurih cenderung manis legit.

8. Kacang tanah dan kedelai rebus

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Suasana hujan dan ditemani secangkir kopi, paing nikmat jika dilengkapi dengan kacang rebus dan kedelai rebus. Penganan rebusan ini memang Bagi penikmat kopi kini sudah terbiasa ditemani kudapan seperti croissant atau pun eclair.

Namun sebelumnya para penikmat kopi pasti lebih sering menyeruput kopi dengan kacang rebus. Apalagi jika saat ngobrol sambil ngopi, kacang rebus mudah sekali ditemui di pinggir jalan sehingga sudah menjadi favorit.

Bisa kacang tanah atau pun kacang kedelai rebus, Keduanya punya rasa yang gurih sehingga cocok menjadi teman minum kopi Anda.

9. Singkong goreng

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Satu lagi kudapan yang tidak kalah populernya dari jaman dahulu kala, mau singkong goreng polos atau pun kreasi singkong goreng lainnya memang pas jadi teman ngopi.

Teksturnya yang renyah di bagian luar tapi lembut dan gurih di bagian dalam dijamin bikin acara ngopi makin nikmat. Apalagi singkong gorengnya dimakan dalam keadaan hangat.

10. Ubi dan jagung rebus

10 Jajanan Tradisional yang Cocok Untuk Pasangan Ngopi

Baik ubi rebus maupun jagung rebus, bisa jadi kudapan tradisional nikmat yang bisa disantap bareng kopi. Selain enak, keduanya juga bisa bikin perut kenyang.

Makannya pas lagi hangat, ya. Sambil seruput kopi favorit, bikin santai sore makin enak. Apalagi saat cuaca sedang mendung.

Baca:   10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal

Nah, sudah dapet inspirasi kan? untuk menemani saat minum kopi Anda ? selamat mencoba.

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

Tinggalkan Balasan