in

7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Tumbuhan kelapa tanaman serbaguna

Tumbuhan kelapa begitu familiar dikenal masyarakat luas dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mulai dari akar, batang, daun, lidi, kulit buahnya atau serabut, tempurung, buahnya sendiri hingga air yang keluar saat batoknya dibelah. Tak ada yang terbuang, nyaris semua bisa dimanfaatkan dengan baik.

Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Kelapa yang bernama ilmiah Cocos Nucifera, anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Areceace. Diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia.
Adapun ciri pohon kelapa yaitu :

7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

  • Pohon tunggal terkadang juga bercabang. Tingginya bisa mencapai 30 m, bahkan bisa tumbuh hingga 1000 m dari permukaan laut.
  • Batang beruas-ruas, bila sudah berumur sudah tidak tampak lagi, termasuk ke dalam tanaman monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik).
  • Akar serabut tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, serta adaptif pada lahan pasir.
  • Kayunya tidak bagus bila dijadikan sebagai bahan bangunan.
  • Daunnya tunggal dengan pertulangan menyirip.
  • Bunga tersusun secara majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Terdapat bunga jantan dan betina, untuk bunga betina terletak di pangkal karangan. Sedang jantan ada di bagian yang jauh dari pangkal.
  • Buah besar, diameter sekitar 10-20 cm dapat pula lebih. Berwarna hijau, kuning sampai coklat. Tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, yang disebut sabut. Melindungi endokarp yang keras (batok) dan kedap air. Ia melindungi biji yang hanya dilindungi membran yang melekat pada sisi endokarp.

Endospermium berupa cairan yang banyak mengandung enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring semakin tuanya buah, embrio kecil dan baru membesar, ketika buah siap untuk berkecambah atau populer dikenal dengan nama kenthos.

Baca : Suka Buah Srikaya? Ini 6 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Berikut keunikan atau manfaat yang bisa diperoleh dari kelapa

1. Batang Atau Glugu

7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah tertentu, dengan tingkat ekonomi yang masih rendah, batang pohon kelapa atau gluggu ini sering dimanfaatkan, sebagai tiang bagunan penyangga atap. Untuk papan rumah atau atap juga bisa.

2. Daun Kelapa Atau Janur

Dibuat ketupat yang sebelumnya dianyam terlebih dahulu. Yang paling terkenal, di Bali sering digunakan pada upacara adat dengan seni tersendiri merangkai janur yang indah dan menarik. Tangkainya yang sudah kering dikumpulkan menjadi satu menjadi sapu.

3. Tandan Bunga Yang Masih Muda Atau Manggar

7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Sebagai pengganti gori buah nangka yang masih muda, dimasak gudeg. Rasanya juga tak kalah lezat. Manggar digunakan pula untuk upacara adat pernikahan di daerah tertentu.

4. Bunga Betina Atau Bluluk

Terdapat nira yang rasanya sangat manis dan dapat diminum. Selain legen nama lain dari nira, jika diferementasi dapat menjadi tuak. Dan gula kelapa yang rasanya manis serta gurih itu, sesungguhnya juga berasal dari nira ini.

5. Buah Kelapa

Yang masih muda atau degan, sangat segar bila diminum bersama sirup merah dan es batu sebagai es kelapa muda. Daging yang sudah tua, diambil minyaknya, dimanfaatkan dalam bidang kuliner, kosmetik dan ramuan herbal pijat urut.

6. Serabutnya

7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Dibuat arang briket, dijual sebagai bahan bakar, untuk keset, pengisi jok kursi dan media tanam bunga anggrek.

7. Tempurungnya

Sebagai perabot makan yang unik, dijadikan bahan bakar, bisa untuk arang, hingga diolah menjadi keramik atau kerajingan tangan.

Baca : Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Veteran

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

alloped-Pesona Warna Merah, Benarkah Salah Salah Satunya Menarik Gebetan Datang

Pesona Warna Merah! Benarkah Salah Salah Satunya Menarik Gebetan Datang?

Fun Fact - Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

Fun Fact – Hewan Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui