in ,

Biar Akhir Bulan Nggak Kelimpungan, Ini 12 Kunci Hemat Anak Kos!

Menghindari kondisi “bokek” di akhir bulan

Biar Akhir Bulan Nggak Kelimpungan, Ini 12 Kunci Hemat Anak Kos!

Keuangan anak kos bisa dibilang sebagai keuangan yang serba “minimalis”. Mengapa demikian? Anak kos entah yang masih berstatus sekolah, kuliah atau bahkan karyawan, nyatanya selalu merasa bokek saat berada di akhir bulan. Iya atau iya nih?

Dari pengeluaran, sebenarnya bagi anak kos khususnya yang masih kuliah atau sekolah pasti sudah mendapat perhitungan matang dari orang tua. Sayangnya, ada kebiasaan boros di awal bulan atau saat kamu baru saja menerima kiriman uang dari orang tua dan membelanjakannya tanpa ampun. Ini yang selalu menjadi masalah di akhir bulan dan membuat keuangan kamu memprihatinkan.

Biar Gak Bokek di Akhir Bulan, Anak Kos Wajib Terapkan Beragam Tips Cerdas Soal Keuangan

Anak kos sejatinya harus punya pertimbangan yang matang ketika mengelola keuangan. Pasalnya, setiap orang tua sudah menghitung jelas segala kebutuhan yang diperlukan termasuk kebutuhan untuk sekadar jajan. Nah, inilah yang terkadang tidak kamu sadari dan membuat kamu “kalap” belanja di waktu-waktu tertentu.

Untuk menyiasati hal ini, ternyata ada lho kunci penting yang wajib kamu praktikkan. Tentunya untuk menghindari kondisi “bokek” di akhir bulan. Penasaran kan? Wajib simak ya!

1. Rancangan Pengeluaran di Akhir Bulan

https://www.plimbi.com/article/168937/3-manfaat-pentingnya-mencatat-pengeluaran-setiap-bulan

Ketika kamu ingin hidup enak dan tanpa beban di akhir bulan, pastikan untuk merancangnya saat awal bulan atau ketika kamu mendapat kiriman uang dari orang tua. Atur strategi kebutuhan kamu di awal bulan supaya bisa nyaman di tanggal tua ya!

Caranya, list setiap kebutuhan rutin kamu setiap bulannya mulai dari makan, minum, transportasi, hingga foto copy tugas kuliah. Setelahnya, baru kamu bisa membuat rancangan dana untuk hal yang lebih seperti liburan atau dana darurat lainnya. Usahakan agar rancangan yang kamu buat itu rasional dan sesuai dengan budget yang diberikan ortu ya!

Nggak usah memaksa membeli tas baru kalau memang dananya tidak ada. Kamu bisa mencoba menabung untuk hal semacam ini. Menabung memang sebuah kebutuhan yang harus kamu lakukan dan termasuk kebiasaan baik yang dianjurkan. Nah, dengan menabung untuk membeli keinginan kamu, pastinya kamu juga lebih bangga deh!

2. Cari Diskonan

https://www.portalinvestasi.com/definisi-apa-itu-diskon/

Barang yang kamu beli di minimarket belum tentu harganya normal-normal saja lho! Ada beberapa minimarket yang menyediakan waktu tertentu untuk menarik konsumen, misalnya dengan memberikan diskon di awal bulan. Nah, jangan lewatkan kesempatan ini untuk membeli kebutuhan harian kamu seperti sabun, sampo, atau yang lainnya.

Bila barang itu memang dibutuhkan dan harganya memang miring fantastis, kamu bisa membeli untuk dua bulan sekaligus. Sering-sering mencari referensi minimarket di sekitar tempat kos kamu yang rutin mengadakan diskon setiap bulannya. Bila sudah ketemu, jangan pindah lagi ya! Jadikan minimarket itu langganan kamu.

Tapi ingat ya, jangan sampai kamu kebablasan beli barang-barang yang tak dibutuhkan hanya karena lagi diskonan besar-besaran. Bisa-bisa jatah bulananmu jadi bengkak buat beli barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan saat itu.

3. Daripada Makanan Instan, Mending Makanan Sehat dan Murah

http://resepharianmakyus.blogspot.com/2015/05/tips-memasak-bagi-pemula.html

Banyak anak kost yang mengandalkan makanan instan seperti mie instant atau sereal untuk menghemat sarapan pagi. Padahal, ini justru memungkinkan kamu untuk sakit dan malah mengeluarkan banyak biaya lagi. Pindah ke tipe makanan yang sehat tapi murah seperti menyediakan telur atau tahu dan tempe untuk lauk sehari-hari. Nggak kalah nikmat kok!

Pengeluaran untuk mengolah makanan sendiri juga lebih hemat. Coba kamu beli minyak goreng, sayur, dan lauk kering yang bisa diolah dan tahan lama. Beli beras beberapa kilo dan memasaknya sendiri juga lebih praktis lho! Kamu bisa mengolah lauk dengan memasak atau beli lauknya saja di warung-warung. Jadi, kamu bisa lebih hemat dan hidup sehat. Ya, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memang harus berkorban sedikit ya!

4. Mengajak Teman Patungan

http://dadedoo.com/articles/page/84/

Nah, buat kamu yang punya teman senasib dan punya misi yang sama untuk berhemat, boleh juga tuh diajak patungan. Misalnya, patungan membeli air gallon, patungan beli magic com untuk masak nasi bareng bisa lebih seru lho! Dengan memasak bareng di kos, rasa persaudaraan akan lebih erat nih! Tidak lupa juga kamu dan teman kamu juga lebih kenyang dengan menikmati masakan sendiri sepuasnya. Nggak percaya? Cobain deh!

Lauk yang bisa kamu beli memang hanya sekadar tahu, tempe, sayur, dan mungkin sekali waktu kamu bisa membeli telur atau ayam. Namun, ini bisa membuatmu lebih hemat dan kenyang setiap hari lho! Bayangkan ketika kamu harus membeli lauk dan nasi yang harganya bisa berkali-kali lipat dari harga bahan mentah yang bisa kamu olah untuk dua hari.

Baca : Mau Tahu Kenapa Persahabatan Cowok Lebih Kompak Daripada Cewek? Intip Yuk!

5. Buat Catatan Penting Pengeluaran

https://www.genericsmed.com/intip-yuk-tips-untuk-belanja-hemat.php

Penting untuk memiliki catatan setiap pengeluaran yang kamu pakai setiap bulannya. Jangan hanya mencatat pengeluaran besar tetapi juga yang recehan ya! Tindakan ini penting untuk mengingatkan kamu setiap bulannya agar lebih hati-hati mengeluarkan uang dan bisa menjadi penghalang kamu di bulan depan bila barang yang kamu beli tidak begitu penting.

6. Batasi Jajan di luar

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2860217/awas-jajan-sembarangan-dapat-sebabkan-hepatitis-a

Berlatihlah mulai sekarang untuk tidak memikirkan jajan diluar setiap harinya. Kamu bisa membatasi diri kamu untuk jajan seminggu sekali dengan membeli makanan favorit kamu. Bebas masak atau semacamnya untuk refreshing lidah nih!

Memang hal ini akan terasa sulit, kamu pasti tergoda dengan teman-teman kamu lainnya. Namun, percaya deh! Ini nggak butuh waktu lama kok. Kamu bisa melatih diri dengan mengurangi hangout terlebih dulu dan lebih memilih melakukan hal yang bermanfaat untuk kehidupan kamu dan membuat kamu lupa dengan jajanan.

7. Cari Tumpangan

https://male.co.id/detail/2449/Hindari-Tindakan-ini-Saat-Kencan-Naik-Motor-Men-Scope

Kalau untuk transportasi yang mengeluarkan budget mahal, sebaiknya kamu hemat dengan mencari tumpangan gratis. Ya, meski kamu punya anggaran untuk beli bensin nggak ada salahnya kok ikut numpang di motor sahabat kamu nih! Sementara pengeluaran yang biasanya untuk bensin, bisa kamu masukkan ke hal lain.

Namun, bukan berarti kamu boleh terus-terusan begini ya! Alangkah baiknya kamu juga memberikan imbalan untuk teman kamu. Atau kamu bisa gentian memberikan tumpangan untuknya di hari berikutnya. Setidaknya, pada masa-masa sulit seperti di akhir bulan saat kamu tidak mampu membeli bensin bisa juga mengandalkan tumpangan dari teman.

8. Mencari Kerjaan Tambahan

http://uangonline.com/mau-tambahan-uang-tanpa-ganggu-pekerjaan-coba-4-bidang-online-ini/

Siapa bilang anak kos terbatas dengan segala kebutuhan ekonominya? Ada cara cerdas yang bisa kamu praktikkan bila mau berusaha. Mencoba mencari penghasilan tambahan dari kerjaan sampingan bisa menjadi pilihan kamu lho! Anak kos bisa jadi guru les privat di kampung, atau sekadar ikut menjaga warung atau warnet disekitar tempat kos juga boleh. Pekerjaan yang halal dan dilakukan dengan tulus biasanya hasil juga memuaskan. Bisa menambah uang jajan kamu nih!

Beberapa kantor juga menyediakan pekerjaan paruh waktu khusus bagi kamu yang memang masih kuliah dan membutuhkan biaya tambahan. Kamu bisa mencoba mencari tahu perusahaan yang membutuhkan keahlian yang kamu miliki itu. Siapa tahu, dengan bekerja kamu bisa lebih baik dalam perekonomian ala anak kos. Bahkan kalau perlu bisa mengganti uang jajan kamu.

Baca : Siapa Bilang Cewek Pemalu Susah Dapat Kerja? Ini 9 Pekerjaan Yang Cocok dan Bisa Kamu Lakukan

9. Menabung

https://journal.sociolla.com/lifestyle/niat-menabung-agar-tak-gagal/

Tidak harus banyak, tetapi rutin dan konsisten setiap harinya. Menabung dengan jumlah seribu rupiah setiap hari, pastinya di akhir bulan kamu bisa membeli jatah makan untuk tiga hari kan? Tapi ya tentunya untuk makanan yang versi hemat nih! Menabung dengan konsisten setiap harinya bisa mengumpulkan cukup banyak bekal tambahan yang bisa buat anggaran mendadak saat akhir bulan kamu kelimpungan.

Seperti yang dicontohkan sebelumnya, untuk satu minggu kamu bisa mengeluarkan sekitar Rp 30.000,- untuk beras dan lauk pauk sederhana. Nah, manajemen pengeluaran kamu dengan menabung setiap harinya untuk bisa menopang menu harian kamu selama satu minggu di tanggal tua.

10. Hindari Membeli Barang Tidak Perlu

http://rafika-nilamsari.blogspot.com/2013/11/cara-mengatasi-boros.html

Wajar bila kamu merasa banyak hal yang harus dibeli. Namun, wajib bagi kamu untuk mengolah kembali mana bagian yang penting dan bisa ditunda terlebih dulu. Meski persaingan di luar sana pasti akan menyilaukan mata, tidak perlu juga kamu turuti. Hidup hemat dan membeli sesuatu seperlunya saja jauh lebih berguna buat kamu di masa depan.

Bagi cowok mungkin hal semacam itu terbilang mudah, namun lain halnya bagi kamu yang cewek nih! Cewek yang sudah pasti hobi belanja tentu menginginkan tas baru atau sepatu baru yang bisa dipakai untuk mempercantik penampilan. Bahkan tidak jarang cewek membelanjakan uang awal bulan dengan loyal tanpa peduli kebutuhan selanjutnya. Jangan lakukan ini lagi ya! Kalau nggak mau akhir bulan kamu kelimpungan.

11. Penting Sarapan

http://lombokita.com/baik-atau-nggak-sih-menu-sarapan-kopi/

Mengapa sarapan itu penting? Nyatanya banyak anak kos yang menyepelekan hal ini dan memilih makan siang sekaligus untuk mengganjal sarapan sebelumnya. Padahal, ini adalah langkah yang justru membuat kamu semakin banyak pengeluaran di jam makan siang. Usahakan tidak telat sarapan pagi dan tetap membawa bekal minum selama kamu pergi kuliah. Jadi, kamu pun hanya perlu mengeluarkan budget makan siang sewajarnya.

Banyak di antara anak kos yang memilih mengonsumsi sereal dan sejenisnya untuk menghemat sarapan. Padahal selain tidak sehat, sereal hanya bisa memenuhi kurang dari seperempat kalori yang kamu butuhkan saat jam-jam kuliah.

Nasi bungkus dengan lauk sederhana biasanya banyak dijual di waring dekat kampus dan harganya pun tidak jauh berbeda dengan satu bungkus sereal kamu. Coba hunting warung-warung murah yang harga makanannya bersahabat dengan kantong kamu ya!

12. Mengontrol Kebutuhan Kuliah

http://papasemar.com/9-hal-yang-sering-mahasiswa-lupakan-dalam-berkuliah/

Kuliah pastinya akan membuat pengeluaran juga tidak hanya makan dan transportasi saja. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat kamu masuk kuliah. Misalnya saja kebutuhan untuk mengerjakan tugas, klipping, print data dan sebagainya. Kebutuhan untuk membeli kuota internet pun jangan kamu sepelekan ya!

Perlu bagi kamu untuk mengontrol kebutuhan kuliah semacam ini karena biasanya ada bulan-bulan tertentu yang membuat pengeluaran untuk tugas jauh lebih besar. Bagi kamu yang sering mendapatkan tugas, ada baiknya mencoba numpang printer, atau mengerjakan tugas dengan sistem patungan ya! Boleh juga mencari jaringan Wi-Fi gratis ketika tugas yang kamu kerjakan membutuhkan download file dengan kuota yang lumayan besar.

Baca : Yuk Pasang Google Family Link! Agar Generasi Remaja Tak Terperosok Konten Negatif

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keuanganmu kacau di akhir bulan. Bagi anak kos, semestinya trik tersebut tidak terlalu sulit dilakukan kok! Kamu bisa berusaha menerapkannya di awal bulan dan memetik hasilnya nanti. Asal ada kemauan, pasti ada jalan kok.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Advocate

Written by Yanita Nurhasanah

Menulis bukan awal mudah, akan tetapi akan menjadi sangat menyenangkan saat sudah terbiasa.

Story MakerStory Maker

Biar Nggak Baper, 12 Hal Ini Bisa Jadi Renungan Kamu yang Lagi Galau Belum Ketemu Jodoh

Jangan Terlalu Pede! Segera Sadari, Ternyata Cewek Tak Menyukai 12 Hal Ini dari Cowok

Jangan Terlalu Pede! Segera Sadari, Ternyata Cewek Tak Menyukai 12 Hal Ini dari Cowok