in ,

Biar Nggak Baper, 12 Hal Ini Bisa Jadi Renungan Kamu yang Lagi Galau Belum Ketemu Jodoh

Nggak perlu gelisah apalagi baper saat jodoh belum datang

Menikah adalah salah satu tujuan hidup bagi siapa saja di dunia ini. Apalagi ketika sudah punya pasangan yang tepat, sudah sewajarnya bila pernikahan segera direncanakan. Di Indonesia sendiri, menikah di usia muda juga banyak menjadi pilihan beberapa tahun belakangan ini.

Alasannya, sebagian besar wanita tidak ingin berisiko pada kehamilannya nanti bila memutuskan menikah di usia matang. Itulah sebabnya, menikah pada usia dibawah 30 tahun saat ini mulai didambakan. Tapi apa iya, semua orang bisa tepat nikah di usia-usia ideal itu? coba renungkan! Pasti akan ada banyak pertimbangan atau kendala yang berada di depan mata masing-masing individu.

Ada Banyak Hal yang Harus Renungkan Biar Nggak Terus Baper Gara-gara Belum Nikah

Pernikahan sejatinya membutuhkan kesiapan yang matang mulai dari finansial hingga psikis yang harus dewasa. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesiapan psikis saat mereka berada di usia yang tepat untuk menikah. Bahkan ada juga yang masih bingung dan belum memiliki pasangan. Jika sudah begini, bagaimana ya?

Kamu yang belum memiliki pasangan hingga di usia ideal buat menikah sebaiknya tetap “cooling down”. Nggak perlu gelisah apalagi baper saat jodoh belum datang, 10 hal ini bisa mengingatkanmu bahwa kesabaran akan membuahkan hasil. Apa saja sih? yuk simak!

1. Menikah Bukan Lomba

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/06/196/1610775/inikah-alasan-semua-teman-telah-menikah-dan-anda-hanya-jadi-bridesmaid

Gelisah mungkin menjadi kegiatan yang sering kamu lakukan ketika memikirkan usiamu yang semakin bertambah dan belum ada tanda-tanda akan menikah. Apalagi saat melihat banyak teman yang lebih dulu menikah. Sabar dulu, usia nikah bukanlah sebuah hal yang perlu kamu takuti.

Menikah bukanlah sebuah perlombaan bagi kamu yang belum menemukan pasangan tepat. Nggak ingin kalau pernikahan kamu berakhir di meja hijau kan? Artinya, pernikahan yang terburu-buru itu hanya akan merugikan kamu dan pasangan. Banyak pasangan yang sudah lama pacaran, ujungnya juga berpisah kok!

Selain faktor jodoh yang belum dikirimkan Tuhan untukmu, kamu harus lebih percaya bahwa menikah juga dipengaruhi oleh keberuntungan. Ya, bisa jadi sahabat kamu yang telah menikah memang beruntung menemukan pasangan yang tepat. Ingat, menemukan sosok pasangan yang serius menjalin komitmen untuk seumur hidup itu bukan tugas yang mudah lho! Jadi, jangan iri hati dulu ya!

2. Kamu Berhak Dapatkan Seseorang yang Layak

http://radittyashere.blogspot.com/2012/07/13-tanda-pasangan-yang-serasi.html

Sering muncul pertanyaan dalam diri kamu, “Mengapa Tuhan belum mengirimkan jodoh untukku?”. Pernah kepikiran hal itu, kan? Kalau begitu kamu belum paham bahwa sejatinya Tuhan akan memberikan jodoh pada orang yang tepat. Mungkin ketika usiamu sudah mencapai usia matang dan kelayakan finansial yang hampir seratus persen, Tuhan belum menemukan jodoh yang pas buatmu. Itu sebabnya, orang yang tepat belum sampai dihadapan kamu.

Menikah tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu bisa menjawab tekanan dari keluarga besar bila pertanyaan kapan menikah selalu menjadi santapan sehari-hari kamu. Memilih pasangan yang mampu berkomitmen untuk sisa hidup tidak mudah dilakukan. Pastikan bahwa kamu sudah melayakkan diri untuk mendapatkan pasangan yang juga layak mendampingi kamu.

3. Jodoh Tidak Akan Tertukar kok!

https://www.feminiza.com/5-habitos-diarios-que-pueden-influir-de-manera-muy-positiva-en-tu-vida/

Jodoh pasti bertemu, jodoh nggak akan kemana, itu semua ungkapan yang nyata lho! Kamu wajib percaya bahwa jodoh yang ditentukan Tuhan untukmu tidak akan tertukar dengan orang lain. Jangan mudah gelisah hanya karena kamu belum menemukan pasangan di usia yang dinilai  matang buat menikah.

Melanjutkan hidup dengan mencoba memperbanyak teman dan membuka diri adalah hal yang wajib kamu lakukan karena hidup kamu bukan cuma untuk menikah saja. Banyak hal lain yang bisa kamu lakukan kok!

4. Jangan Sibuk Cari Jodoh ya

https://citraindonesia.com/hari-valentine-jomblo-sibuk-cari-jodoh/

Jodoh susah dicari dan membuat kamu sibuk hunting biro jodoh sana-sini, udah nggak zaman ya! Jodoh itu sudah ada yang atur kok, kamu pun hanya tinggal berusaha saja agar datangnya lebih cepat. Tapi nggak harus dengan mendaftar biro jodoh sana-sini. Jodoh merupakan cerminan diri seseorang, jadi kamu pun harus memerhatikan kesiapan kamu. Kalau ingin mendapatkan jodoh yang hebat, kamu pun harus berusaha jadi orang yang hebat agar jodoh bisa menemukanmu.

5. Jangan Takut Nggak Laku

https://www.hipwee.com/motivasi/jangan-menikah-karena-orang-bilang-sudah-waktunya-ingat-pernikahan-bukan-lomba/

Hei, jodoh yang telah Tuhan siapkan untukmu akan hadir di saat yang tepat. Jangan cemas atau ketakutan kamu bakal nggak laku nih! Daripada sibuk mencari dan memikirkan hal yang negative, sebaiknya mulai perbaiki diri kamu.

Kilas balik lagi, adakah sifat kamu yang masih cenderung kekanakkan atau semacamnya yang bisa membuat orang lain merasa jauh. Seperti pepatah bilang, bahwa perlu kiranya memantaskan diri sebelum mendapatkan orang yang pantas untuk mendampingi. Paham kan artinya?

Selain itu, menikah di usia yang dewasa atau terlanjur dikatakan tua juga bukan hal yang buruk lho! Banyak pasangan di luar sana yang memutuskan untuk menikah di saat keduanya yakin akan mampu menjalani biduk rumah tangga dengan segala rintangannya. Meskipun sebelumnya terjalin cinta yang cukup lama.

Bisa jadi jodohmu baru yakin bahwa kamulah orang yang tepat untuknya di masa depan. Pasangan yang baik pasti akan menerima pasangan apa adanya meski usia sudah menua. Itu yang harus kamu tanamkan dari saat ini. Keyakinan yang baik, akan membawamu pada hal baik pula dalam hidup.

Baca : Stop Ladies! 10 Kesalahan Tak Kamu Sadari Ini Akan Mengakhiri Hubunganmu dengan Si Dia

6. Usia Cuma Angka

http://www.1zoom.me/en/wallpaper/517940/z696.2/1920×1080

Belum menikah di usia matang bukanlah akhir dari kehidupan. Usia hanya perkara angka yang akan selalu bertambah secara otomatis sebagai penghitung lamanya kita tinggal di dunia ini. Jangan salahkan usia yang bertambah ketika kamu belum kunjung menemukan jodohmu ya!

Menikah membutuhkan kedewasaan yang tidak semua orang mampu mendapatkannya dengan mudah. Sebaiknya hindari menunjukkan sikap tidak dewasa agar jodoh kamu lebih datang, dan salah satu sikap kekanakkan adalah mempermasalahkan usia saat kamu belum kunjung menikah.

7. Lebih Bersabarlah

http://7-themes.com/6934819-redhead-girl-field-mood.html

Bersabar adalah kunci utama dalam perjuanganmu menantikan jodoh yang tepat untukmu. Meskipun saat ini kamu sudah menemukan pasangan atau pacar, belum tentu juga dirinya yang terbaik untukmu. Ada proses panjang yang harus kamu jalani sebelum memutuskan menikah.

Banyak halangan yang bisa menjadi masalah selanjutnya meski kamu sudah menemukan cinta. Cobalah untuk melalui segala prose situ dan menikmatinya, karena mungkin jalan menuju pernikahan bisa segera kamu temukan.

Bagi kamu yang masih berstatus jomblo dan belum ada tanda-tanda akan menemukan pasangan juga harus bersabar lebih intens ya! Pasalnya, mungkin saja ada beberapa hal dalam diri kamu yang harus dipersiapkan terlebih dulu. Ketika berumah tangga itu menyangkut kedewasaan, maka hal inilah yang harus ada dalam diri kamu. Belajar lebih dewasa dengan tetap bersabar bisa jadi awal kamu menjadi pribadi yang dewasa bukan hanya umur.

8. Nikmati Masa Sendiri

https://pixabay.com/en/people-girl-woman-alone-hair-cap-2603854/

Banyak yang bilang kalau menikah akan secara otomatis membatasi gerak seseorang untuk bisa bersosialisasi, berinteraksi, atau sekadar hangout bersama kawan lama. Maklum ya, ketika sudah mengurus suami dan anak pastinya perhatian kamu juga akan terbagi, sehingga kurang fokus dengan diri kamu sendiri. Ini sudah survey lho!

Keuntungan yang bisa kamu miliki saat belum menikah meski usia sudah cukup mampu berumah tangga adalah bisa menikmati waktu sendiri. Kamu bisa mengisi dengan hobi kamu, dengan sahabat, atau keluarga tercinta. Banyak dari pasangan yang sudah terikat dengan pernikahan merasa sulit merasakan hal itu lho! Sekali lagi syukuri masa kesendirian kamu dengan bersabar dan tetap menanti yang terbaik.

9. Jadi Orang yang Lebih Baik

http://bisniswisata.co.id/tips-wanita-berwisata-sendirian/

Menjadi orang yang lebih baik bisa diikuti dengan cara bermanfaat bagi orang lain. Hal ini menjadi bagian dari poin sebelumnya, yaitu menikmati masa kesendirian kamu. Di masa-masa seperti inilah kamu akan semakin merasa bahwa banyak orang lain di luar sana yang membutuhkan kemampuan kamu.

Misalnya, gunakan kemampuan mengajar kamu untuk mengajarkan pada anak-anak kurang mampu. Boleh juga ketika kemampuan kamu mengobati penyakit kamu salurkan untuk memberikan bantuan sosial bertema medis di lingkungan yang kurang mampu. Dengan mencoba memahami air mata orang lain, kamu akan merasa lebih bersyukur dengan kehidupan kamu dan pastinya lupa sejenak urusan jodoh!

Baca : Cara Menghadapi Patah Hati Setiap Zodiak Itu Beda, Kamu Harus Tahu Faktanya!

10. Jangan Dengarkan Omongan Orang

http://lolamagazin.com/2017/10/17/osam-nacina-da-jeftino-putujete-svijetom/8/

Indonesia memang salah satu negara dengan perhatian yang super tinggi. Artinya, segala yang kamu lakukan sudah pasti menjadi bahan perbincangan beberapa pihak. Ada pihak yang mendukung kehidupan kamu dengan tulus, tapi tidak sedikit pula yang cuma berpura-pura.

Nah, untuk menghadapi tipe semacam itu kamu pun harus kuat nih! Jangan sampai kamu hidup di bawah tekanan ocehan orang sekitarmu. Ambil saran yang positif dan abaikan komentar negatif yang hanya akan membuang waktu dan tujuannya menjatuhkanmu ya!

11. Tidak Semua yang Menikah Itu Bahagia

http://www.joglowisata.com/yuk-snorkling-di-pantai-sadranan-gunungkidul.htm

Bergantung pada siapa yang melihat siapa, ungkapan ini adalah contoh konkret bahwa tidak semua pernikahan yang didesain dengan bahagia juga menampilkan hasil yang serupa. Banyak juga dari pasangan yang merasa hidupnya terkekang setelah memutuskan menikah. Atau, ada saja masalah yang muncul dalam rumah tangga yang mungkin membuatnya sedikit menyesal telah menikah terlalu cepat. Nah, kalau sudah begini siapa yang salah hayo?

Tidak sedikit pasangan yang sudah berpacaran bertahun-tahun, nyatanya menyadari bahwa ada ketidakcocokan dan memutuskan untuk berpisah. Tentu kamu tidak ingin mengalami hal semacam ini ya? Jalani hubungan asmara dengan wajar dan komitmen serius dari awal, dan pastikan orang yang mendekatimu adalah orang yang bisa diajak berkomitmen.

12. Tetap Bahagia

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3015282/menurut-filosofi-jepang-ini-rahasia-untuk-tetap-bahagia

Bukan mengajarkan kamu untuk berlaku munafik lho! Kamu juga merupakan makhluk Tuhan yang ditakdirkan untuk menikmati kehidupan ini beserta alur ceritanya. Tidak ada hal yang bisa mengubahnya. Kamu wajib merasakan bahagia apapun itu kondisinya.

Cobalah untuk berinteraksi dengan alam, sahabat, serta orang-orang yang menginspirasi agar kamu mendapatkan ide menarik dan semakin bersyukur menjalani kehidupan ini. Dengan begitu, kamu tidak akan dipusingkan dengan urusan jodoh yang tak kunjung datang.

Perkara jodoh itu memang penting, namun lebih penting lagi adalah cara kamu menjalani hidup dengan tetap bahagia dan bersyukur. Yakinkan dalam diri kamu bahwa jodoh yang layak, pantas, dan tetap sudah diatur Tuhan untuk melengkapi kehidupanmu. Kamu hanya perlu menunggu sebentar lagi dan meyakini proses yang menyenangkan itu bisa menjadikan kamu sebagai individu yang berarti. So, jangan lagi cemas ya!

Yups! Itu tadi beberapa hal yang bisa jadi pengingat kamu saat harus galau memikirkan usia matang dan pernikahan. Nggak perlu lagi kamu memikirkan ocehan orang di luar sana, karena tidak semua orang memiliki jalan hidup yang sama. Ada kalanya kamu diuji dalam hal asmara, mungkin orang lain juga diuji di ranah yang berbeda.

Baca : Inilah 6 Alasan Pernikahan Dini Banyak Terjadi di Generasi Millenial

Jadi, hadapi semua jalan kehidupan kamu dengan ringan dan santai, namun tetap yakin bahwa semua ada masanya. Semoga bisa menginspirasimu, ya. Keep spirit!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote
Advocate

Written by Yanita Nurhasanah

Menulis bukan awal mudah, akan tetapi akan menjadi sangat menyenangkan saat sudah terbiasa.

Story MakerStory Maker

Duka Indonesia!!! Mari Gotong Royong dan Beri Bantuan Bagi Saudara Kita Paska Gempa

Biar Akhir Bulan Nggak Kelimpungan, Ini 12 Kunci Hemat Anak Kos!

Biar Akhir Bulan Nggak Kelimpungan, Ini 12 Kunci Hemat Anak Kos!