in ,

OMGOMG

Bosan Dengan Menu Itu-itu Saja? Lirik Nih 9 Makanan Unik Dari Indonesia

Mana yang pernah kamu coba?

Bosan Dengan Menu Itu-itu Saja? Lirik Nih 9 Makanan Unik Dari Indonesia

Sering bosan dengan menu makan itu-itu saja? Atau malah lagi galau memikirkan menu makan siang nanti? Tak perlu galau atau pun bimbang lagi karena di bawah ini, kami memiliki 9 rekomendasi menu makanan yang lain dari pada yang lain untuk kamu. Menu makanan di bawah ini tentu saja bukan sembarangan. Melainkan makanan unik yang mungkin belum pernah kamu dengar atau coba sebelumnya.

Indonesia memiliki banyak sekali jenis dan tipe kuliner berbeda. Tak hanya yang sudah dikenal luas seperti rendang, opor, dan lain-lain. Namun juga sederet jenis kuliner unik yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Kuliner daerah ini biasanya menjadi unik karena bahan yang digunakan, cara memasak, hingga cara menikmati hidangan itu sendiri.

Menu Makanan Unik Dari Indonesia

Nah makin kan penasaran kan apa saja makanan unik asli dari Indonesia yang sangat wajib kamu coba? Di bawah ini 10 daftarnya.

1. Tempoyak

Makanan asli dari Lampung, Bengkulu, Jambi dan juga Palembang ini merupakan fermentasi dari buah durian. Uniknya tempoyak biasanya dikonsumsi sebagai lauk dengan nasi. Rasanya asam dan makin pas bila dinikmati dengan sambal pedas!

Cara membuat tempoyak sendiri pun tak mudah. Buah durian yang sudah sangat masak harus difermentasi dulu minimal tiga hari. Setelah itu baru diberi bumbu sebagai perasa dan diolah sesuai keinganan. Bisa juga langsung dinikmati dengan lauk sebagai makan siang. Lazis!

2. Gulai Siput

Ingin menu makanan super unik? Gulai Siput dari Riau boleh jadi pilihan. Seperti namanya, gulai siput ini merupakan siput yang diberi bumbu gulai yang gurih dan segar. Super yummy!

Gulai siput atau gulai cipuik ini seringnya dikonsumsi pada saat bulan Ramadhan. Cara memasaknya sama dengan hidangan lain lain. Siput yang masih terdapat cangkang dimasak dengan santan dan juga bumbu-bumbu lain yang memberikan cita rasa gurih.

3. Papeda

Nah ini dia makanan unik yang sudah tak asing namun mungkin belum banyak orang coba. Papeda merupakan makanan utama khas dari Maluku dan juga Papua. Papeda atau bubur sagu ini dinikmati dengan berbagai cara berbeda. Mulai dari dipadukan dengan lauk ikan berkuah pedas, sayur tagas-tagas yang merupakan campuran dari daun singkong, bunga pepaya dan juga ubi jalar.

Papeda memiliki tekstur yang berlendir dan kental seperti halnya lem. Cara menikmatinya juga tak kalah unik nih, yaitu dengan menyeruput bubur sagu ini secara langsung. Baru kemudian menikmati lauk yang jadi pendamping.

4. Kawok

Jangan kaget ya, karena kawok yang merupakan makanan dari Manado ini terbuat dari tikus. Bukan tikus sembarangan tentunya merupakan tikus yang berasal dari hutan. Rasanya sih katanya seperti daging kalkun.

Di Manado, kawok bukan lagi jadi makanan yang dipandang sebelah mata. Malah banyak yang mengaku menggemari jenis kuliner super unik ini. Terlebih para penikmatnya tak perlu khawatir karena penjual daging tikus untuk kawok memastikan benar-benar yang dijual merupakan tikus hutan yang tak berbahaya dan aman dikonsumsi.

5. Botok Tawon

Dalam olahan makanan yang sering ditemukan di Jawa Timur dan juga Tengah ini dibuat dari tolo atau lava tawon muda yang masih di dalam sarangnya. Batok tawon ini digemari bukan hanya karena rasanya saja yang manis, gurih, pedas dan pastinya super enak. Namun juga karena banyaknya vitamin dan manfaat yang didapat dari kuliner unik satu ini.

Sayangnya, bila kamu ingin menikmati batok tawon ini akan sedikit kesulitan. Pasalnya saat ini sudah sangat jarang ada restoran atau pun penjual botok tawon. Penyebabnya tentu saja karena lava tawon atau tolo yang digunakan sebagai bahan baku utama makin sulit dicari.

6. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah merupakan fermentasi dari susu kerbau yang diberi asam dari jeruk nipis hingga menjadi seperti yoghurt. Ada banyak sekali cara berbeda dalam menikmati Ampiang Dadiah ini. Mulai sebagai lauk hingga kudapan dengan potongan cabe. Bisa juga menjadikan Ampiang Dadiah sebagai menu sarapan.

Ampiang Dadiah merupakan salah satu kuliner unik yang saat ini juga sudah mulai sulit ditemukan. Salah satunya karena proses pembuatan makanan khas Minangkabau ini yang cukup sulit.

Dadiah yang merupakan fermentasi susu kerbau dipadukan dengan ampiang atau emping, dan disajikan di dalam mangkuk dengan gula merah. Rasanya? Tak perlu ditanya lagi. Enak!

7. Mandai

Mandai merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Banjar, Kalimantan. Makanan ini terbuat dari kulit buah cempedak yang sudah difermentasi mulai dari 3 hari hingga satu bulan. Biasanya disajikan sebagai oseng bumbu pedas.

Bagi warga Banjar, Mandai merupakan salah satu kuliner yang wajib diburu untuk makan siang.

8. Panada

Penampilan kue satu ini memang mirip dengan pastel. Namun sangat berbeda. Panada memiliki kulit tebal seperti roti dengan isian dari ikan cakalang yang dimasak panpis. Rasa dari panada yang gurih, pedas dan manis dijamin akan membuat para penikmatnya ketagihan deh!

9. Pipis kopyor

Kudapan ringan dari Jawa Tengah ini terbuat dari roti tawar yang diberi kuah santan. Rasanya segar dan juga manis. Nama Pipis Kopyor memang sering kali membuat orang enggan mencicipi. Padahal kalau sudah sekali mencoba kudapan lezat ini.. dijamin tak akan bisa berpaling ke lain hati.

Ada banyak sekali variasi dari pilis kopyor yang bisa ditemukan saat ini. Bahkan yang sudah diberikan variasi rasa cokelat dan lain-lain.

Nah, dari 9 kuliner unik khas dari Indonesia di atas, mana yang jadi favorite kamu nih?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote
Advocate

Written by Nayaka

penulis konten

Story MakerStory Maker
5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Home Remedies: 5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

10 Cara Mengetahui Hubungan Percintaan Kamu Bakal Berakhir

10 Cara Mengetahui Hubungan Percintaan Kamu Bakal Berakhir