Ciri – Ciri Tempat Memancing yang Banyak di Huni Ikan Predator

Menentukan titik spot untuk memancing merupakan salah satu kunci utama agar keberhasilan kita mendapat sambaran ikan semakin besar. Baik itu mancing di laut (saltwater) atau di perairan darat (freshwater), pengetahuan tentang keberadaan ikan untuk dipancing sangatlah penting.

Di dalam artikel kaliini saya akan menjelaskan cara mengetahui keberadaan atau tempat di mana banyak terdapat ikan-ikan predator yang akan memanjakan kalian para pemancing, baik di laut maupun di perairan darat.

Ciri – Ciri Tempat Memancing yang Banyak di Huni Ikan Predator

1. Sungai yang melengkung

Lihatlah fitur-fitur sungai yang Anda pertimbangkan, Pilih sungai yang memiliki tepi melengkung, Sungai yang melengkung lebih baik menangkap ikan di tepi karena air yang lebih cepat (ini biasanya membawa makanan yang dimakan ikan di air) bergerak ke tepi tikungan.

Di sinilah biasanya ikan mencari makanan, dan Anda dapat dengan mudah menangkap ikan di bagian sungai itu

2. Pepohonan yang teduh

Selain memilih sungai yang melengkung, maka pilihlah lengkungan sungai yang di tepinya dipenuhi dengan pohon. Pohon yang tumbuh di tepi sungai membuat lokasi itu menjadi teduh di mana ikan betah di lokasi yang tidak langsung kena terik matahari.

Di samping itu akar pohon yang tumbuh di tepi sungai menyebabkan semua yang terhanyut di sungai tersangkut akar, tidak terkecuali makanan ikan

3. Sisa pohon tua

Pohon yang roboh di sungai merupakan tempat persembunyian ikan sebab arus sungai terhalang. Akibatnya arus di balik pohon tidak menjadi deras.

Lokasi yang demikian ini menjadi tempat persembunyian ikan. Dalam persembunyian ini terkadang ikan menghadang mangsa dan makanan yang hanyut

4. Celah batu besar

Tidak setiap sungai terdapat bebatuan besar yang menghadang arus sungai, apalagi bila bebatuan itu sampai menonjol ke permukaan sungai yang menyebabkan arus sungai terhambat. Di balik bebatuan itu biasanya terdapat ikan-ikan kecil dan udang serta makanan ikan lainnya.

Tidak jarang ikan besar atau predator juga mengincar umpan dan ikan kecil. Di balik bebatuan memungkinkan ikan predator mencari makan udang dan ikan-ikan kecil.

Baca:   14 Makanan Tradisional Ini Olahan Negeri Kincir Angin

5. Pusaran air (arus yang bertemu)

Carilah sungai dengan arus yang bergabung, Ketika dua badan air yang mengalir bertemu, akan ada lebih banyak makanan ikan yang mengalir di sungai, otomatis lebih banyak ikan yang datang ke bagian sungai untuk mencari makanan.

Dengan adanya Ikan-ikan di bagian sungai dengan arus yang menyatu, anda dapat mencoba melempar umpan ke bagian pusaran air atau sekitarnya.

Ikan lele tertarik pada aliran air tawar, Anda dapat menemukannya di mana aliran dan anak sungai bertemu sungai. Pilih sungai dengan tempat-tempat yang memiliki gulma dan pulau-pulau di atasnya.

Tempat-tempat di mana ada gulma memiliki banyak ikan yang menggantung di daerah itu karena mereka suka berteduh di sana dan secara mengejutkan menyerang mangsanya. Pulau atau rumput yang mengambang juga memiliki beberapa ikan yang bagus untuk di jadikan sasaran mancing.

6. Arus yang tenang

Temukan sungai yang tenang. Karena sungai yang tenang tanpa arus yang bergerak cepat sangat bagus untuk memancing.

Ikan dapat dengan mudah mencium aroma umpan dengan cara seperti itu daripada sungai yang mengalir deras, di mana mereka hanya dapat melewatinya tanpa mencium umpannya.

7. Sungai yang sedikit berarus

Temukan sungai dengan arus, tetapi bukan arus yang terlalu deras. Ini hanya jika Anda tidak dapat menemukan sungai yang tenang. Pilih sungai untuk memancing yang arusnya lambat. Ikan masih bisa bergerak, tetapi tidak cepat dan masih bisa mencium mangsa mereka lebih mudah di sana.

Putuskan kapan akan memancing

Pertimbangkan mengunjungi sungai tempat ikan paling aktif sehingga Anda dapat menangkap lebih banyak. Periksa cuaca dan pastikan itu adalah kondisi yang baik untuk memancing.

Pertimbangkan memancing saat hujan, tetapi jangan memancing dalam keadaan hujan yang deras, karna akan berpengaruh untuk kesehatan anda. Ikan menyukai air dingin dan basah, sehingga mereka akan menjadi paling aktif saat hujan.

Menentukan waktuWaktu lain yang baik untuk memancing di sungai adalah saat fajar. Ikan tidak menyukai cahaya langsung, dan mereka tampaknya aktif saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Baca:   Fun Fact (Actual) Current War – Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

Masukan dari penulis

Bilamana umpan tidak kunjung dimakan, segeralah menarik umpan dan memeriksa apakah pemasangan umpan sudah benar dan sesuai dengan kondisi air. Maksudnya disini adalah membuat umpan itu benar-benar menjadi hidup.

Bila Anda menggunakan cacing, masukkan cacing Anda ke dalam kail sampai menutupi kail. Pemasangan cacing di kail dan kail masih terlihat barangkali membuat ikan takut memakan. Jangan sayang terhadap cacing dengan cara masang cacing pas di kail.

Biarkan tetap berjuntai dan terus menari meliak liuk agar ikan menghampiri umpan tanpa mengetahui dalamnya terdapat kail. Bila Anda melihat banyaknya gerombolan ikan hampala di satu lokasi cobalah melupakan umpan seperti cacing dan udang.

Ambillah minnow atau umpan buatan yang menyerupai ikan. Lemparlah minnow tersebut diantara gerombolan ikan. Lemparan sebaiknya dimuka ikan di gerombolan ikan tersebut. Hadirnya ikan buatan merangsang ikan untuk memburu dan menyergapnya.

Ketika minnow itu berlenggak lenggok, Anda akan menyaksikan hampala bak sebuah torpedo menyerang. Ikan hampala akan menyambar dan membawa lari ke balik karang. Sentakan joran dengan diikuti menggulung ril secara cepat.

Bila Anda mancing seorang diri baiknya lakukan perlawanan secepatnya sebab kelambatan kita menyebabkan gerombolan ikan menjadi buyar dan kabur dan cepat lakukan kasting di tempat yang sama.

Baca:   Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Bagaimana Karakteristikmu

Bila Anda mancing lebih dari satu orang, ajaklah kawan Anda melontar umpan di lokasi penyambaran umpan Anda agar teman Anda juga merasakan bagaimana keseruan yang anda rasakan.Selamat mencoba

“salam angler”

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by odhye

salam pramuka

35 Nama Hotel / Penginapan di Balikpapan Lengkap Dengan Alamat dan Nomor Telepon

35 Nama Hotel di Balikpapan Lengkap dengan Alamat dan Nomor Telepon