in

Danau Sebedang Sambas Pesonanya Memikat, Cocok Untuk Tempat Liburan

Danau Sebedang Sambas Pesonanya Memikat
image by: https://wisatakita.com/wisata/Kalimantan.Barat

Danau Sebedang merupakan tempat wisata di Kabupaten Sambas yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terutama yang ingin berlibur dan mencari tempat dengan suasana alam terbuka. Cocok juga bagi yang ingin sekedar menghabiskan waktu liburan sambil memancing.

Anda bisa berlibur bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati kesejukan air danau dengan melakukan kegiatan mansi sambil berenang. Perairan danau ini dikelilingi oleh hutan perbukitan yang di tumbuhi pohon hijau.Sangat cocok untuk tujuan wisata liburan.

Baik itu liburan sekolahmaupun liburan weeked untuk melepas stres atau untuk mencari tempat tenang sebagai refresing bersama teman.

 danau sebedang kalimantan barat

Lokasi Danau Sebedang Sambas

Danau Sebedang merupakan kekayaan wisata di kalimantan Barat yang lokasinya berada di Kabupaten Sambas. Perjalanan dari pontianak dengan melewati Kota Singkwang dan Pasar Pemangkat.

Tepatnya Kurang lebih berjarak sekitar 202 km dari kota Pontianak, Ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat atau sekitar empat jam perjalanan jika menggunakan travel Pontianak.

Kawasan wisata Danau Sebedang ini mudah di jangkau karena Tidak terlalu jauh karena berada tidak jauh dari jalan utama menuju kota Sambas. Danau yang tepatnya berada di Desa Sibedang, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Berjarak sekitar 12 km dari Kota Sambas.Kondisi jalanan menuju Danau Sebedang telah beraspal dan halus, sehingga dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Sejarah Asal Danau Sebedang

Menurut cerita masyarakat Danau Sebedang pada zaman dahulu merupakan sebagai tempat pemandian oleh sultan sambas karena kejernihan airnya dan pemandangannya juga menakjubkan.

Selain itu terdapat satu cerita rakyat tentang seorang pangeran di Danau ini mungkin sudah sebagaian masyrakat kalbar sudah tidak asing dengan cerita ini.

Diceritakan seorang pangeran bernama Bujang Nadi Dare Nang Dung yang merupakan seorang putra dari Raja Sambas, Bujang Nadi Dare Nang Dung berjuluk Tan Unggal karena giginya yang hanya satu (tunggal) yang mempunyai cerita cinta terlarang.

Bujang Nadi Dare Nang Dung menjalin cinta dengan saudara sedarah, dan akhirnya membuat Nadi Dare Nang Dung harus dihukuman di kubur hidup-hidup di sekitar Danau Sebedang.

Baca:   Pesona dan Dayatarik Wisata Kepulauan Raja Ampat di Papua

Hal Menarik di Danau Sebedang

danau sebedang kalbar

Hal lain yang menarik di Danau Sebendang, bagi yang suka memancing sekarang sudah tersedia berbagai perlengkapan memancing, yang dapat di sewa, tapi jangan kuatir untuk biaya sewa di danau sebedang ini masih sangat terjangkau atau tidak mahal.

Anda bisa memancing di Danau Sebedang sambil menikmati panorama indah dan kesejukan Danau ini dan hasil pancingan bisa langsung dibakar dan nikmati di tepian Danau Sebedang.

Danau Sebedang sebenarnya sangat dalam bahkan mencapai lebih dari 100 meter untuk bagian yang terdalam, kemudian panjangnya mencapai 1 kilometer, dengan lebar kira-kira 200-250 meter.

Hal ini akan sangat menyenangkan bagi anda yang suka akan petualangan dengan menggunakan perahu yang bisa anda sewa dari tempat penyewaan di sekitar Danau Sebedang untuk berkeliling sambil mendayung atau memancing. 

Baca:   Taman Mangrove Destinasi wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Tapi perlu di ingat meskipun anda asik mendayung sampan/perahu mengelilingi Danau jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan