in

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

Ini keunikan dibalik keindahan bunga sakura

Bunga sakura identik dengan negara Jepang, memang menyimpan beragam fakta unik. Mungkin bagi yang pernah berkunjung ke negara tersebut, sudah tidak asing lagi. Tapi yang belum, pasti penasaran. Berikut deretan fakta yang akan mengungkapkan semuanya.

Fakta Unik Tentang Bunga Sakura yang Jarang Diketahui

1. Bunga Nasional Jepang

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

Bunga sakura dijadikan sebagai bunga nasional negara Jepang. Bunga lain yang juga dijadikan bunga nasional adalah bunga seruni.

2. Melambangkan Pembaharuan Dan Harapan

Mekarnya bunga ini pada waktu musim semi. Disebut juga bunga cherry dan merupakan ikon dari negara Jepang. Ia juga sering ditengarai melambangkan pembaharuan dan harapan baru.

3. Tradisi ‘’Hanami’’ Setiap Musim Semi

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

Tradisi ‘’Hanami’’ adalah tradisi unik yang diadakan setiap musim semi tiba, untuk melihat bunga sakura mekar. Berasal dari kata ‘’Hana’’berarti bunga dan ‘’Mi’’ yang artinya melihat. Pada momen tersebut banyak orang berkumpul, sembari makan dan minum bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

4. Bukan Berasal Dari Jepang

Khusus yang ini, Anda boleh mempercayai dan tidak. Bunga sakura yang diagungkan oleh bangsa Jepang, ternyata bukan dari negara itu sendiri. Melainkan berasal dari pegunungan Himalaya yang terletak diperbatasan antara benua Eropa dan Asia, kemudian berimigran ke Jepang dan berkembang biak di negara di sana.

5. Bunga Sakura Ada Di Amerika

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya
Photo by Abby Chung from Pexels

Dan fakta menarik lainnya yaitu bunga sakura bukan hanya ada di Jepang saja. Di Amerika habitat pohon ini juga banyak ditemukan dan jumlahnya juga cukup besar. Hal ini disebabkan adanya perjanjian hubungan diplomatik pada tahun 1912. Kedua negara tersebut saling bertukar tanaman, di mana Amerika pada waktu itu menggantinya dengan pohon Donwood.

Meskipun pada saat itu sempat terjadi insiden kecil, karena bibit bunga itu ketika datang ke negara Amerika, sempat ditahan oleh otoritas setempat dan bea cukai. Sebab ditemukan banyak serangga berbahaya yang ditengarai dapat mengancam ekosistem di negara itu.

Mengingat semua itu, tidak salah jika bunga cantik ini kemudian disimbolkan sebagai lambang persahatan antar banga Jepang-Amerika.

6. Terdapat Lebih 600 Spesies

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya
Photo by Anelia from Pexels

Hal menarik lain yang juga perlu Anda ketahui, adalah jumlahnya mencapai 600 spisies, beberapa di antaranya pure berasal dari alam, dan sebagian lagi berasal persilangan. Penetapan tersebut berdasarkan bunga, ukuran dan corak warna.

Spesies terbanyak ada pada jenis ‘’Someiyoshino” yang bernama latin ‘’Cerasus x yedoensis’’. Jenis ini yang paling banyak ditanam di Jepang. Pada abad ke 19 jaman Meiji. Bunga ini dapat bertahan selama seminggu sebelum kemudian layu dan gugur ke bumi. Fase rontoknya bunga sakura ini dikenal dengan nama ‘’Hazakura’’.

Tergolong membutuhkan perawatan khusus saat menanamnya, terutama saat musim semi tiba. Para pengunjung diwajibkan harus berhai-hati, jangan sampai melukai pohonnya. Hal tersebut dikarenakan pohon sakura sangat sensitif dan mudah terluka. Dan ketika sudah terjadi demikian, mudah mengalami pembusukan dan dapat menyebar ke tanaman lainnya.

7. Sakura Tertua Dan Pemberian Nama Untuk Tiap Spesies

Pohon sakura tertua berusia lebih dari 2000 tahun hidup di kuil Jissou, Prefektur Yamanashi, namanya Jindai Sakura. Ukurannya raksasa dengan diameter akar mencapai lebih dari 13,5 meter.
Adapun penamaan bunga sakura biasanya didasarkan terhadap jumlah kelopaknya. Misalnya bila berjumlah 5 dinamakan ‘’HITOE’’, sedang jika berjumlah 5-10 disebut ‘’HANYAE’’. Lebih dari 10 dinamakan ‘’YAE’’.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Veteran

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

alloped-7 Sungai Paling Aneh Di Dunia, Pasti Bikin Kamu Penasaran Untuk Mengunjunginya

7 Sungai Paling Aneh Di Dunia, Pasti Bikin Kamu Penasaran Untuk Mengunjunginya

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!