in ,

Fun Fact (Actual) Current War – Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

Mana yang lebih unggul

Fun Fact (Actual) Current War – Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

Agak sedikit berat mengangkat teman berbau sejarah, fisika dan drama pada saat yang sama. Menganalkan sedikit mengenai Alternative Current (AC) dan Direct Current (DC) mungkin menjadi keharusan mengingat Current War benar – benar diisi oleh perbedaan paling dasar antar keduanya.

Sedikit mengenai AC dan DC. AC merupakan jenis transfer daya listrik bolak – balik yang mampu memanfaatkan gelombang perubahan energi yang ditransmisikan, lebih kuat serta mampu berjalan jauh dalam kabel untuk mencukupi kebutuhan listrik disetiap rumah. Ditemukan oleh Nicola tesla dan kemudian berkembang pesat hingga sekarang.

Fun Fact (Actual) Current War – Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

Sedangkan DC merupakan jenis arus listrik yang mengalir dalam satu arah, cukup susah utnuk ditransmisikan menggunakan kabel yang panjang karna rentan kehilangan energi saat berjalan. Contoh nyatanya adalah batrei pada radio. DC ditemukan oleh Thomas Alfa Edison, si penemu bohlam yang sampai sekarang masih diperdebatkan siapa yang menemukan bohlam lebih awal. Sebagian peneliti mengklaim bahwa Nicola tesla – lah yang menemukan bohlam pertama kali, namun kalah pamor dengan Edison yang lebih tersohor.

  • Sejarah Dua Tokoh Di Balik Curren War

Thomas Alfa Edison

Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu Amerika yang menjadi cikal bakal dari lahirnya banyak penemuan lain seperti alat perekam suara, gambar bergerak, generator dan lain sebagainya. Ia merupakan pebisnis dan seseorang yang digadang – gadang menjadi deskripsi sempurna seorang penemu Amerika abad 80-an.

Awal karirnya tidak semulus yang anda kira. Ia bahkan hanya sekolah beberapa bulan dan selebihnya diajarkan langsung oleh ibunya sendiri. Edison sudah memiliki masalah pada pendengaran semenjak kecil karna demam, dan bertabah parah setelah peristiwa sambaran listrik pada salah satu bohlam yang sedang di uji coba terjadi.

Mengenai karir, Edison mengambil pekerjaan pertamanya sebagai seorang penjual permen. Hingga nasib membawanya menjadi telegraph dan kemudian mengembangkan bisnisnya sendiri.

Benedict Cumberbatch sebagai Thomas Alfa Edison - The Current War

Lain halnya dengan Nicola Tesla yang memiliki pendidikan mumpuni di bidang teknik dan fisika meski akhirnya tidak pernah lulus juga. Tesla pernah bekerja di bawah perusahaan Edison ketika mengerjakan proyek bohlam yang diinginkannya.

Meski hanya sebentar dan berakhir sebelum sambaran listrik membuat pendengaran Edison makin buruk, dikatakan mereka pernah bertemu beberapa kali. Penemuan – penemuan Nicola tesla yang sangat berpengaruh antara lain adalah transmisi daya listrik tanpa kabel, radio remot control dan X – ray.

Baca : Ironi Parodi – 3 Novel Satire Untuk Anda Mampu Menangisi – Menertawai Tragedi

  • Konyolnya Dua Pendiri Besar Current War

Gajah yang disetrum mati Edison

Mungkin anda pernah mendengar bahwa Edison rela melompati pagar kebun binatang untuk menyetrum gajah menggunakan arus AC hanya untuk membuktikan bahwa AC itu berbahaya. Hal itu dimaksutkan untuk mengalahkan pesaingnya dan mengatakan bahwa arus DC lebih aman serta lebih patut digunakan.

Satu dari sekian banyak kekonyolan lain yang dilakukan oleh sang penemu besar adalah dengan menggunakan magnet, Edison berkelakar mampu menyaring batu besar 10 ton yang telah dihancurkan alatnya untuk kemudian debunya disaring demi mendapatkan besi yang dikumpulkan dengan tarikan magnet. Meski akhrinya gagal, dan ditinggalkan begitu saja setelah merubah pabrik tersebut menjadi penghasil semen, namun kekonyolan Edison tidak berhenti disana melihat banyaknya uji coba lain yang ia lakukan setelahnya.

Berbeda dengan Edison, Nicola tesla jauh lebih tertata. Ia merupakan seorang yang pandai dan selalu dikatakan sebagai jenius alami semasa sekolahnya. Mungkin masalah terbesar Nicola tesla terletak pada sang ayah yang religius dan menginginkan Tesla untuk menjadi seorang pendeta.

Percobaan Nicola Tesla

Perjuangan Tesla untuk mendapatkan restu sang ayah tidak bisa dikatakan mudah, ia bahkan harus kabur ke rumah bibinya selama beberapa saat hanya untuk menghindari paksaan sanga ayah. Meski pada akhirnya sang ayah luluh, dengan memberikan Tesla sekolah teknik terbaik, kalau dia bisa sembuh dari penyakit kolera yang hampir membunuh Tesla setelah terbaring selama hampir 9 bulan lamanya.

Kemalangan beruntun di alami Tesla setelah kematian sang ayah yang meninggalkan luka mendalam di batinnya. Ia mulai jarang masuk kuliah dan lebih sering menggunakan waktunya untuk bermain judi disana – sini. Bahkan hingga akhir hidupnya Tesla dikatakan suka menyendiri di hotel yang berbeda – beda dan membuatnya dijauhi oleh sesama penemu pada waktu itu.

  • Akhir Perang yang Menyedihkan

nafas terakhir Thomas Alfa Edison

Current war benar – benar menjadi awal dan berakhirnya seorang Thomas Alva Edison. Ia bahkan harus ditendang dari perusahaan yang dibangunnya sendiri setelah kalah pamor melawan AC milik Nicola tesla. Diabetes akult yang dideritanya membawa sang penemu besar menghembuskan nafas terakhir pada Oktober 1931. Dan bahkan, nafas terakhir Thomas Alva Edison disimpan rapi di musem Henry Ford, Detroit dimana anda bisa melihatnya sekarang.

Sedangkan saingannya, Nicola tesla yang memiliki keunikan sering bergonta – ganti tempat tinggal, atau kepribadian OCD ( Obsessive Compulsive Disorder) tentang kebersihan dan segala tetek bengek lain yang berhubungan dengan angka tiga, memiliki akhir yang jauh lebih menyedihkan.

Baca : Fun Fact – Leonardo Da Vinci dan Keunikan Sang Pelukis Jenius yang Belum Anda Ketahui

Ya, Nicola Tesla sangat menyukai angka tiga, bahkan terobsesi dengannya. Ia menggunakan angka tiga untuk menetapkan langkah dan selalu memutari bangunan tiga kali sebelum memasukinya. Lebih dari itu, keranjingan Tesla dalam kebersihan nampak jelas dari kebiasaannya membersihkan peralatan makan dengan menggunakan 18 serbet sekaligus sampai bersih dan bersinar. Dikatakan Tesla bahkan tidak pernah menyentuh barang kotor, barang agak kotor, rambut, anting mutiara atau apapun yang berbentuk bulat.

Ilustrasi OCD kebersihan

Nicola tesla ditemukan meninggal di sebuah hotel dengan meninggalkan banyak tagihan dan utang. Ironis saat pelayan hotel menemukan mayat Tesla, dan hanya mampu menemukannya, dengan melanggar batas yang di tetapkan oleh Nicola Tesla itu sendiri, ia menggantung tulisan “Do Not Disturb” atau “Jangan Ganggu” di depan pintu kamar hotelnya untuk emmbuat siapapun menjauh hingga mayatnya baru ditemukan dua hari setelah kematian tesla yang asli.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Participant

Written by Anikawan1

I Write what people want to read.

Story Maker

Makanan dan Minuman Yang Perlu di Kurangi Saat Ingin Naik Pesawat

alloped-Mau Tahu Kenapa Persahabatan Cowok Lebih Kompak Daripada Cewek? Intip Yuk!

Mau Tahu Kenapa Persahabatan Cowok Lebih Kompak Daripada Cewek? Intip Yuk!