in

Fun Fact – Hewan Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

Cari tahu yuk apa aja hal uniknya

Fun Fact - Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

Digadang – gadang sebagai raja hutan yang sebenarnya, lengkap dengan sifat pengasih dan penyayang yang luar biasa. Hewan gajah merupakan mamalia yang sangat unik dan hampir selalu menarik untuk dibahas dalam berbagai kesempatan.

Jika kebanyakan orang sangat tertarik melihat tingkah lucu dan imut anak – anak gajah, maka jangan terkejut jika bahkan gajah – gajah dewasa juga memiliki sifat serta sisi tidak terduga lain yang belum anda ketahui.

Mitos atau fakta tentang daya ingat gajah contohnya. Sebagian besar orang mengira bahwa gajah memiliki daya ingat yang luar biasa, Benarkah demikian?

Fakta – Fakta Unik Hewan Gajah yang Belum Anda Ketahui

Berikut adalah fakta – fakta terbaru mengenai gajah yang mungkin belum terungkap di masyarakat awam.

1. Bukan Mitos, Faktanya Gajah Memiliki Memori yang Kuat

Kawanan gajah

Sebanding dengan massa tubuhnya, hewan ini memiliki kapasitas otak yang berkali lipat jauh lebih besar jika dibandingkan dengan manusia.

Jika anda mengetahui bahwa kapasitas tersesar otak manusia hanyalah 1.5 kilogram, maka otak gajah memiliki berat lebih dari 3 kali lipat punya manusia.

Berat maksimal otaknya adalah 5 kilogram. Beberapa peneliti mengklaim bahwa otak gajah adalah yang paling besar diantara binatang – binatang mamalia lainnya.

Besarnya kapasitas otak gajah membuat mamalia tersebut mampu mengingat berbagai hal sekaligus. Ia bahkan bisa memetakan denah hutan hujan yang rumit dan lebat untuk menemukan tempat terbaik menemukan makanan.

Dikatakan juga bahwa gajah mampu mengingat 500 hingga 1000 gajah lain seumur hidupnya. Ini membuatnya bisa mengenali gajah – gajah lain yang menjadi anggota kelompoknya, atau gajah – gajah yang menghuni bagian wilayah lain di seluruh wilayah hutan.

Baca:   Fun Fact (Actual) Current War - Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

2. Terungkap – Gajah Takut Semut

semut vs gajah

Seperti layaknya hukum rimba yang terbalik, gajah ternyata takut semut. Ia bahkan rela menghindari memakan jenis daun pohon tertentu hanya karna pohon tersebut biasanya digunakan oleh semut untuk menjadi rumahnya.

Alasan paling kuat yang dikemukakan oleh peneliti adalah bagian dalam hidung gajah yang super sensitif. Gajah akan merasa sangat terganggu apabila semut masuk ke dalam belalainya dan mengganggu saraf – saraf disana.

Berbeda dengan mitos yang mengatakan bahwa gajah takut tikus, faktanya adalah bahwa gajah takut kepada binatang jauh jauh lebih kecil dari tikus yaitu semut.

Anehnya, hubungan ‘tidak harmonis’ antara semut dan gajah ini mampu memberikan ruang bagi tumbuhan akasia untuk hidup dan berkembang.

Dengan bantuan semut yang menjaga sang pohon dari kemungkinan dijarah habis – habisan oleh binatang mamalia daratan terbesar di bumi tersebut, ia mampu tumbuh besar dan menjadi makanan hewan – hewan lainnya seperti jerapah.

Baca:   Ironi Parodi - 3 Novel Satire Untuk Anda Mampu Menangisi - Menertawai Tragedi

3.Tingkatan Kasta Dalam Dunia Gajah

Fun Fact - Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

Gajah hidup dalam kelompok – kelompok yang akan bermigrasi bersama. Satu kelompok bisa diisi oleh 15 gajah yang biasanya terhubung dari satu ibu yang sama dan dipimpin oleh gajah tertua sebagai kepala kawanan.

Ia yang akan memimpin kawanan untuk pergi atau tinggal, dan menentukan kemana kawanan akan berjalan. Gajah betina hanya akan bersama gerombolan gajah betina lainnya.

Sedangkan gajah jantan pada usia 12 hingga 15 tahun akan berpisah dengan kumpulan gajah betina ibunya untuk berkelana bersama kelompok gajah jantan lain.

Bahkan tingkat kebijaksanaan gajah bisa dilihat dari bagaimaan mereka mengatur dirinya sendiri dalam bentuk hirarki yang tersusun rapi untuk menghindari perkelahian antar anggota kawanan ketika merebutkan sumber air pada musim kemarau.

4. Bukti Kepintaran Gajah

Gajah melihat bayangannya di bayangan air

Tidak semua hewan mampu berpikir seperti gajah, dan bukti – bukti kecerdasannya yang menyamai primata – primata pintar lain seperti kera dan lumba – lumba adalah, gajah mampu melihat bayangannya sendiri di cermin.

Mampu menegenali dirinya sendiri dan bahkan melihatnya terpantul di genangan air maupun cermin. Ia bahkan bisa mendeteksi sinyal yang akan menghubungkannya dengan suara – suara lain untuk menemukan jalan atau arah yang harus dituju.

Sensor sel yang terletak di kakinya mampu ‘mendengar’ bunyi rendah yang disalurkan melalui getaran pada tanah dan kemudian ditransmisikan hingga mencapai telinga sang gajah.

Baca:   Fun Fact - Leonardo Da Vinci dan Keunikan Sang Pelukis Jenius yang Belum Anda Ketahui

Mandi debu gajah

Jika ada hewan yang mampu membuat kulitnya tidak melepuh mungkin gajah adalah salah satunya. Demi menjaga kelembapan dan kesegaran kulitnya serta terhindar dari serangga.

Gajah akan melindungi dirinya sendiri dengan menaburkan tanah atau pasir ke seluruh tubuhnya. Bahkan ibu gajah bisa melindungi sang anak dengan menguburkan mereka diantara pasir dan melindunginya dari terpaan sinar matahari.

5. Belalai yang Berat dan Perkasa

bebalai gajah

Tahukah anda bahwa belalai hewan ini beratnya bisa mencapai 400 pounds. Sekitar lebih dari 181 kilogram, dan memiliki 100.000 lebih otot didalamnya.

Berat yang terlalu besar untuk bisa bergerak lincah dengan mengambil daun kemudian memasukkannya ke dalam mulut, bukan?

Untungnya, pada bagian belalai ini memiliki tambahan fitur seperti tangan. Sehingga ia mampu mengambil makannannya dengan mudah.

Fakta unik lain adalah tidak semua gajah itu bisa memasukkan makanannya ke dalam mulut melalui goyangan gading ke kanan atau ke kiri.

Seperti manusia yang lebih suka menggunakan salah satu tangannya saja antara tangan kiri atau kanan. Gajah juga tidak semuanya suka memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan mengayunkan gading ke arah kanan.

Baca:   Ingin Sukses Bicara di Depan Umum ? Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Mereka ada yang kidal! Dimana nantinya, gading gajah akan memendek seiring dengan berjalannya waktu pada bagian yang paling sering ia gunakan.

Jadi, jika gajah tersebut lebih suka menggunakan gading kiri. Maka panjang gading kiri tersebut akan terus berkurang dan jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan gading bagian kanan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Anikawan1

I Write what people want to read.

Tinggalkan Balasan