in ,

Home Remedies: 5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Silahkan di coba sendiri

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Belakangan ini cuaca mulai memasuki fase ekstrim. Pagi hari begitu dingin, siang harinya sangat terik, dan sore hingga malam harinya hujan. Kadang juga terik dan berhari-hari tidak ada hujan, namun sepanjang pagi hingga malam angin begitu kencang dan dingin. Di cuaca seperti itu, rawan sekali terserang gejala-gejala penyakit flu yang datangnya menyerang tiba-tiba seperti batuk, pilek, tenggorokan sakit, demam, dan lain-lain. Apalagi bagi yang memiliki berbagai macam aktivitas yang padat, tentu terserang flu akan menjadikan badan menjadi tak nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan dan berkumpul bersama orang.

Sebenarnya flu susah untuk diprediksi kapan datangnya, karena kondisi cuaca ekstrim tidak selalu menjadi alasan utama seseorang terserang flu. Bisa jadi flu menyerang karena ketidakseimbangan antara aktivitas tubuh kita dengan pola makan dan istirahat. Oleh sebab itu, agaknya penyakit flu ini memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Resep Ampuh Redakan Flu dengan Bahan Alami yang Ada di Dapur

Namun jangan khawatir, di artikel ini akan dibahas cara-cara meredakan flu secara sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di dapur kita. Yuk intip apa saja bahan-bahan itu dan bagaimana resepnya untuk menjadikan ‘obat’ flu ini tetap enak di lidah

1. Jahe

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Jahe bukan hanya menjadi bumbu masakan saja lho. Selain fungsinya menyedapkan masakan, rempah yang satu ini juga terkenal akan khasiatnya untuk menghangatkan badan dan zat ekspentoran yang terkandung dalam jahe akan melegakan saluran pernafasan.

Melihat khasiatnya, jahe dipercaya sangat cocok untuk melegakan tenggorokan dan batuk.

Caranya:

Cuci bersih jahe lalu kupas dan iris tipis-tipis. Irisan jahe ini direbus dengan air panas. Tunggu hingga mendidih dan tuang ke dalam gelas. Sip deh! Minuman jahe ini bisa langsung kita minum selagi hangat.

2. Madu

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Madu juga jadi salah satu primadona dalam kelompok obat rumah karena khasiatnya yang banyak. Sebagai antibakteri, antioksidan, pelawan virus; bakteri; dan jamur. Wah, lengkap sekali ya khasiat madu ini.

Nah, jika sudah terserang flu, kita bisa rutin minum madu satu sendok makan setiap pagi sebelum beraktivitas dan setiap malam sebelum tidur. Bisa juga kita campurkan madu dengan air biasa sehingga menjadi minuman madu yang bisa kita taruh di botol minum dan dapat kita bawa ketika beraktivitas di luar rumah.

Madu tidak hanya baik untuk obat saja, tapi lebih dari itu madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, tidak harus menunggu sakit dahulu baru minum madu, karena madu dapat dikonsumsi setiap saat sebagai tindakan pencegahan supaya virus-virus jahat tidak mempan menyerang tubuh kita karena kekebalan tubuh yang sudah baik.

Baca : Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

3. Lemon

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Paket komplit vitamin-vitamin yang baik bagi tubuh ada di buah ini. Mulai dari vitamin C, vitamin B-kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan serat semuanya ada dalam satu genggaman tangan buah berwarna kuning ini. Mengonsumsi lemon saat flu akan memberikan banyak manfaat.

Jika ingin nuansa berbeda menyantap lemon sebagai obat, kita dapat mengolahnya menjadi selai yang bisa dimakan bersama roti.

Caranya:

Parut kulit 2 buah lemon dan tempatkan pada suatu wadah. Lalu peras air lemonnya hingga 125 ml dan campur dengan parutan kulit lemon tadi, tambahkan air 175 ml, tambahkan tepung mokaf 3 sendok makan. Panaskan dengan terus diaduk hingga mengental. Selanjutnya saring dan jadilah selai lemon yang bisa dikonsumsi setiap pagi untuk pelengkap sarapan yang kaya khasiat ini.

4. Kayu manis

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Kayu manis yang kaya akan anti oksidan, anti virus dan infeksi ini akan menenangkan gejala flu yang sedang diderita. Banyak sekali cara untuk mengonsumsi kayu manis agar tetap lezat dilidah sekaligus juga untuk obat. Salah satunya dengan membuat minuman kayu manis.

Caranya:

Campurkan ¼ sendok the bubuk kayu manis dengan teh melati bersama di dalam air yang dipanaskan. Setelah mendidih, saring dan tempatkan pada suatu gelas. Jika ingin menambah rasa manis, dapat ditambahkan dengan madu atau sedikit gula. Minum selagi hangat dan flu akan kabur segera.

Baca : Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

5. Kunyit

5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Siapa yang tak kenal kunyit? Rimpang dapur yang paling mudah diingat karena warnanya yang kuning mencolok. Kunyit sering kita jumpai sebagai jamu tradisional, tak heran lagi karena memang kunyit memiliki banyak khasiat yang baik.

Flu juga bisa diredakan dengan mengonsumsi kunyit. Agar obat yang satu ini tetap lezat saat dikonsumsi, bisa ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya.

Caranya:

Cuci hingga bersih 4 buah rimpang kunyit ukuran sedang, kemudian kupas kulitnya. Parut kunyit tersebut dan peras hingga seluruh sari dari kunyit tersebut keluar. Buatlah susu hangat yang sudah dicampur dengan madu sebagai pemanisnya. Lalu terakhir, campurkan sari kunyit tadi. Aduk hingga semua tercampur rata. Minumlah selagi hangat.

Bagaimana? Kunyit yang biasanya menjadi jamu, sekarang jadi minuman lezat dan mengatasi flu.

Yap! itu tadi 5 bahan yang umum ada di dapur kita dan bisa disulap menjadi obat yang lezat untuk meredakan flu. Home remedies ini biasa digunakan untuk pertolongan pertama ketika sakit. Sakit flu yang bisa kapan saja melanda dapat diatasi dengan aman dan ampuh menggunakan obat alternatif ini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Enthusiast

Written by Monaliza Sekar Rini

Content writer

Story MakerStory Maker
Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

5 Tempat Wisata di Bandung Yang Asyik Kamu Kunjungi Saat Liburan

Bosan Dengan Menu Itu-itu Saja? Lirik Nih 9 Makanan Unik Dari Indonesia

Bosan Dengan Menu Itu-itu Saja? Lirik Nih 9 Makanan Unik Dari Indonesia