in

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Jangan sampai lupa

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Camping atau berkemah biasanya cenderung idektik dengan menginap menggunakan tenda di daerah pegunungan, atau di alam terbuka yang masih menyajikan suasana yang asri. Namun itu sudah cukup mainstream. Sekarang ini sudah ada beberapa destinasi wisata yang menawarkan paket liburan untuk berkemah di tepi pantai.

Sebut saja misalnya Pulau Semak, Pulau Papa Theo dan Pulau Payung di Kepulauan Seribu yang menyediakan lahan khusus bagi mereka yang ingin mendirikan tenda di pesisir pantainya. Sehingga para traveler yang ingin bermalam sambil menyaksikan pemandangan bintang dan lautan yang luas, di perbolehkan untuk mendirikan tendanya masing–masing.

Tips Sederhana Bagi Yang Ingin Mencoba Berkemah di Pantai

Meskipun pada dasarnya camping di pantai tidak jauh berbeda dengan camping di hutan, namun terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum kamu mendirikan tenda. Terlebih buat kamu yang baru pertama kali mencoba berkemah di pantai, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Perlengkapan

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Sama seperti berkemah pada umumnya, berkemah di pantai juga memerlukan persiapan yang cukup matang, Mulai dari perizinan, lokasi yang strategis, hingga perlengkapan yang akan di gunakan seperti tenda, kayu bakar, alat–alat memasak dan lain–lain.

Karena sudah berada di pantai, kamu pun pasti cenderung untuk menyantap hidangan yang berasal dari laut, seperti ikan laut, kepiting, udang, dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk membawa pisau cadangan guna membersihkan ikan-ikan tersebut.

2. Lokasi

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Tidak semua pantai memperbolehkan para wisatawan untuk mendirikan tendanya. Oleh karena itu, kamu perlu menanyakan terlebih dahulu kepada pengelola atau petugas yang berjaga sebelum kamu mendirikan tenda. Namun sebagai referensi, beberapa pantai berikut yang bisa kamu kunjungi untuk berkemah di tepi laut, seperti Pantai Lampon, Pantai Srau dan Pantai Teluk Hijau.

3. Waktu

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Kamu juga perlu menentukan waktu yang tepat saat ingin berkemah di pesisir pantai. Hal ini dikarenakan tidak setiap saat pantai cocok untuk di jadikan tempat untuk berkemah. Jika ombak laut sedang tinggi atau air laut sedang pasang, umumnya para wisatawan dilarang untuk mendirikan tenda di sekitar bibir pantai. Namun, kamu tetap di perbolehkan untuk berkemah hanya saja dalam jarak yang telah di tentukan.

Baca : Ingin Melakukan Traveling? Sebaiknya 4 Barang Ini Jangan Dibawa

4. Persediaan Air

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Jika kamu berpikir bahwa saat berkemah di pantai tidak perlu kuatir dengan persediaan air bersih, maka kamu sedikit keliru. Persediaan air di pantai memang jauh lebih banyak daripada saat berkemah di hutan atau pegunungan. Namun, air yang tersedia kebanyakan merupakan air laut yang tidak bisa di minum karena memiliki kandungan garam yang tinggi.

Jadi sebaiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu dan mencari tahu tentang kualitas air dan persediaan air bersih di tempat tersebut. Jika sekiranya kurang memadai, kamu bisa membawa cadangan air bersih dari rumah sendiri.

5. Kebersihan

Ingin Mencoba Berkemah di Pantai? Sebaiknya Lakukan 5 Tips Ini

Seperti yang kita tahu, sebagai manusia kita harus menjaga kebersihan di segala tempat, tidak terkecuali pantai yang akan kita gunakan sebagai lokasi berkemah. Terkadang ada saja beberapa wisatawan yang tidak bertanggung jawab, yang merusak keindahan pantai dengan cara meninggalkan sampah–sampah plastik, maupun bungkus makanan dan perlengkapan yang mereka bawa.

Baca : Ingin Mendaki ? Ini 4 Gunung Yang Cocok Untuk di Daki Oleh Pemula

Sebagai traveller yang bijak, sudah sepatutnya kita menjaga keindahan destinasi wisata yang kita kunjungi. Caranya, cukup dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak meninggalkan sampah plastik yang kita bawa.

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

Tinggalkan Balasan