in

Ingin Sukses Bicara di Depan Umum ? Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Langsung praktek aja

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Bicara di Depan Umum, Manusia adalah makhluk sosial sehingga kita memang butuh kontak dengan orang-orang di sekitar kita. Tapi gimana kalo kamu yang jadi pusat perhatian dan sangat didengarkan pas ngomong kayak misalnya berada di sebuah forum dan jadi pembicaranya.

Ya, Untuk sebagian orang, berbicara di depan public adalah sebuah tantangan karena tentu meski udah tiap hari berinteraksi dengan orang banyak,tetep aja kalo udah naik panggung dan suruh ngomong susahya minta ampun.

Mulai dari gemeteran sampe keringetan dialami dengan suara bergetar. Memang kita butuh keahlian public speaking semacam ini karena mau gimanapun juga, kita pasti akan pernah sekali dua kali mempresentasikan diri sendiri di hadapan orang lain.

Lakukan 10 Tips Sukses Bicara di Depan Umum

Nah buat kamu yang masih punya masalah dengan berbicara di hadapan public ini, coba deh ikuti 10 tips ini biar bisa siap dan lancar Bicara di Depan Umum atau di dalam sebuah forum pertemuan.

1. Mulai dengan cerita sederhana dan lupakan bahwa kamu sedang berpidato

Mulai dengan cerita sederhana dan lupakan bahwa kamu sedang berpidato

Tentu hal pertama yang kamu inginkan adalah perasaan santai dan menghindarkan diri dari ketegangan. Dan, bercerita adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan dan erat hubungannya buat jadi pembuka ke topic pembicaraanmu selanjutnya.

Ceritain aja tadi kamu datang ke tempat itu naik apa dan apa pengalaman menarik yang baru aja kamu alami. Ini sebenernya juga memperkenalkan akan seperti apa cara pembawaanmu selama berbicara. Bisa santai dan sedikit lelucon, atau serius dan filosofi, atau yang lainnya.

Para audiens akan merasa mulai terkoneksikan denganmu dan tahu akan seperti apa nanti alur presentasimu. Ini juga jadi cara buat kamu pemanasan pita suara dan melatih berpikir cepat biar nanti otak kamu siap untuk merespon hal-hal tak terduga selama presentasi.

Baca:   Fun Fact - Hewan Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

2. Siapkan contoh kasus dan pengalaman factual untuk mendukung argumen

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Apa yang kamu bicarakan memang nggak mudah diterima oleh audiens, untuk itu kamu perlu mempersiapkan contoh kasus atau pengalaman nyata untuk menghubungkan poin pembicaraan terhadap logika nalar para audien yang hadir.

Ini bisa bikin pemahaman mereka terhadap materimu jadi mudah tersampaikan karena analogi yang tepat dan dekat dengan kehidupan mereka. Setelah itu argumenmu yang terkesan rumit akan mudah diterima dan ya, presentasi lanjut ke poin berikutnya.

3. Perlunya poin penanda untuk mempertahankan materi tetap fokus

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Nggak bisa dipungkiri kalo selama kamu berbicara akan ada distraksi yang bikin omonganmu jadi ngelantur dan nggak terarah.

Misalnya mulai nggak nyaman karena ada audiens yang nggak ngasih respon positif sama apa yang kamu bahas, atau suasana yang semakin canggung karena kamu salah ngomong atau penyampaian yang nggak masuk ke otak mereka.

Untuk itu siapkan beberapa poin penting untuk merumuskan semua materi biar tetap fokus dan terarah. Membuat poin-poin ini juga bisa mengetahui durasi presentasimu biar nggak molor dan ada poin yang dirasa kurang penting yang bisa dilewati.

4. Berikan tugas interaktif untuk audiens untuk memastikan mereka penasaran dengan materi yang kamu sampaikan

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Meski kesannya audiens tampak menikmati apa yang kamu sampaikan, bisa jadi mereka melakukannya karena faktor lain.

Jadi cari tahu bagaimana mereka paham dan tertarik dengan materimu. Salah satu caranya adalah memberikan link di luar presentasi yang bisa mereka cari sendiri untuk menguatkan argumenmu.

Misalnya menyarankan membuka halaman sebuah website, atau meriset suatu hal yang ada di sekitar mereka. Pastinya kalo materi ini sangat menarik, mereka akan mencari tahu saat itu juga atau setelah acara tersebut selesai.

Baca:   Fun Fact - Leonardo Da Vinci dan Keunikan Sang Pelukis Jenius yang Belum Anda Ketahui

5. Lakukan simulasi public speaking di depan cermin dan rekam untuk menilai performa

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Biasanya orang merasa gugup saat berbicara di depan public karena mereka bingung apakah apa yang mereka katakan atau gaya penyampaiannya bagus atau nggak.

Nah, kamu bisa melakukan simulasi dulu nih di depan cermin atau di depan kamera biar bisa tahu gimana sih gayamu berbicara nanti.

Ini juga dilakuan oleh pejabat publik lain lho untuk mengetahui hal apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan untuk membranding dirinya. Kamu juga bisa kok melakukan ini untuk meminimalisir kesalahan dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

6. Minta masukan dan kritik tentang materi dan gaya presentasimu

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Kalau ini adalah momen bersejarah untuk berbicara di depan umum pertama kalinya, kamu bisa minta saran dari rekan-rekan yang udah jago ngomong di depan orang banyak. Gimana caranya membuka, menyampaikan, berinteraksi, dan juga menutup presentasi tersebut.

Kalau kamu udah pernah beberapa kali melakukannya, nah minta kritik dari kesalahan yang pernah kamu lakukan saat presentasi sebelumnya.

Ini akan membuat presentasimu jadi lebih baik karena kamu udah tahu kekuranganmu dan menonjolkan kelebihanmu. Bisa aja kamu lemah di data valid tapi sukses ngasih selipan candaan yang bikin penonton jadi lebih segar.

7. Menjaga kontak mata ke audiens bikin interaksi jadi lebih hidup

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Pernah dong lihat pembicara yang bisa lancar mempresentasikan materinya tapi nggak berani menatap mata audiensnya?

Nah, jangan sampai ini terjadi karena kontak mata ke audiens itu menjalin ikatan yang kuat dan bikin kamu diterima oleh penonton.

Kan kamu nggak cuma mau mempresentasikan idemu aja, tapi juga gimana nanti sosokmu bisa diterima dan ada efek positif di kemudian hari yang kamu dapatkan dari interaksi sederhana ini. Bayangin kalo ada orang yang ngomong sama kamu tapi nggak berani lihat kamu langsung.

Baca:   Jangan Terlalu Sedih! Lewati 5 Tahapan Kesedihan dan Jadilah Pemenang

8. Datang lebih awal bikin kamu siap secara mental menyiapkan presentasi

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Sebuah trik sederhana yang berdampak cukup besar adalah datang lebih awal ke lokasi presentasi untuk mempersiapkan semuanya. Dengan datang lebih awal, kamu bisa melihat suasana dan orang-orang kayak apa yang datang melihatmu dan nantinya bakal dengerin kamu ngomong.

Kalau kamu datang di waktu yang mepet atau bahkan terlambat, bisa jadi kehilangan kepercayaan diri dan jadinya nggak fokus saat membuka pembicaraan. Ini juga berkaitan dengan hal-hal teknis, kayak pengaturan laptop dan beberapa materi yang dibawa untuk presentasi.

9. Berkenalan dengan audiens bisa mengurangi gugup hingga 50 persen

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Lebih nyaman memang kalo ngobrol sama orang yang udah dikenal ketimbang orang baru yang belum tahu siapa kita dan siapa mereka. Pastinya bakal lebih nyaman jika kamu berkenalan dengan para audiens sebelum menyampaikan materimu.

Interaksi akan jadi lebih santai dan kamu bisa melemparkan candaan atau interaksi dengan hangat untuk membangun kedekatan dan sukses menyampaikan ide-idemu.

10. Gugup bisa membuat orang lepas kendali, maka kendalikan dirimu!

alloped-Ingin Sukses Bicara di Depan Umum, Lakukan 10 Tips Sederhana Ini

Saat menjadi pusat perhatian, kamu nggak sadar kalo udah berbicara terlalu cepat atau bertingkah berlebihan seperti mengganti posisi duduk atau berdiri ke sana kemari untuk membuatmu tetap rileks. Nah, kamu perlu control diri bagaimana mengendalikan diri saat berada di hadapan audiens.

Baca:   Fun Fact (Actual) Current War - Nicola Tesla vs Thomas Alva Edison

10 tips ini bisa kamu coba untuk membuat kamu Bicara di Depan Umum yang baik. Publik speaking memang nggak semudah membahas tips tapi juga karena dipraktekkan dan jam terbang yang cukup tinggi. Jadi jangan menyerah setelah mencoba pertama kali ya, karena public speaking itu keahlian yang perlu diasah.

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

Tinggalkan Balasan