in

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

Ternyata banyak lho manfaatnya

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

Manfaat Unik Daun Kemangi, Semua orang hampir dapat dipastikan pernah memakan daun beraroma menyengat ini. Populer di kalangan ibu-ibu dan juga gerai-gerai kuliner, sebagai pelengkap lauk dan makan nasi. Begitu familiarnya hingga tak jarang orang berburu, demi mendapatkan kenikmatan bersantap.

Manfaat Unik Daun Kemangi

Adalah si kemangi! Bernama latin Ocimum Sanctum masih berada dalam satu famili Lamiaceace. Ditengarai banyak mengadung zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti : Flavonoid, polifenol, tanin, stereoid, eugenol, cinole, myrcene, tritofan, dan minyak atsiri.

Adapaun ciri tanaman ini yaitu :

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

– Tergolong tanaman perdu, banyak cabang dengan tinggi bisa mencapai 100 m
– Daun panjang tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda serta harum dengan panjang 5 cm. Ujung daun bisa tumpul bisa dapat pula runcing
– Rasanya pahit, wanginya mirip cengkeh
– Bunganya tersusun di tandan yang tegak

Banyak ditemukan di Asia dan Amerika. Khusus di pulau Jawa dan lainnya, sering dijumpai dijadikan tanaman pagar, ditanam di pekarangan rumah, hingga dibuat selingan di antara tanaman sayur di sawah dan ladang ataupun huma-huma. Mampu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl.Dan berikut keunikan tanaman tersebut!

1. Dianggap Tanaman Pembawa Keberuntungan

Di negara asalnya yaitu India, kemangi merupakan salah satu tanaman yang diagungkan alias dianggap suci, si pembawa keberuntungan atau hoki. Dimulai dari hal asmara, kemakmuran, gairah hingga antidpresan sebab aromanya. Ia dipuja dan dikagumi oleh pemeluk kepercayaan Hindu di sana. Pada umumnya ditanam di halaman rumah, dengan berbagai dupa dan lilin yang dinyalakan sebelum disembah pemeluknya untuk ritual tertentu.

2. Dijadikan Pelengkap Kuliner

Manfaat Unik Daun Kemangi, Salah Satunya Untuk Kaum Pria Dan Tradisi Di India!

Telah sedikit disinggung di atas tadi, bahwa tanaman ini juga sangat terkenal di kalangan ibu rumahtangga dan para pedagang kuliner, sebagai campuran untuk bumbu pepes dan lalapan. Dimakan bersama nasi dan lauk bakar atau goreng, seperti aneka ikan dan ayam.

3. Dibuat Sebagai Ramuan Herbal Dan Obat

Keunikan lain tanaman ini juga bisa dijadikan obat serta ramuan herbal, untuk pemakaian luar maupun dikonsumsi secara langsung.

• Untuk obat luar
Bila terserang penyakit : Penyakit panu, ketombe, luka bakar, sampai perut kembung
Caranya cukup dengan menumbuk halus kemudian dicampur dengan kapur sirih pada penyembuhan panu, sedikit garam untuk ketombe rambut di kepala, atau dioleskan langsung pada luka yang yang sakit sebab terbakar. Direbus bersama bawang merah, selanjutnya dicampur minyak kelapa, untuk mengatasi perut kembung.

• Sebagai ramuan herbal
Digunakan pada mereka yang sedang menghadapi masalah : Bau mulut, sariawan, mengusir mual, flu, hingga keluhan ‘’ejakulasi dini’’ pada kaum pria.
Caranya :

a. Sariawan : Kunyah kurang lebih 50 lembar daun kemangi selama bebera menit, kemudian telan dan langsung minum air hangat. Lakukan secara rutin pagi dan sore, atau hingga benar-benar sembuh.

b. Bau mulut : Ambil biji, akar hingga daunnya. Lalu seduh memakai air panas dan minumlah sebelum beraktifitas, setiap pagi dan sore selalu.

c. Mengusir rasa mual dan flu datang : Kemangi diseduh seperti ketika membuat teh hangat, kemudian diminum segera!

d. Ejakulasi dini : Rebus beberapa lembar daun kemangi dengan dua gelas air selama limabelas menit. Jadikan dua bagian, minum setiap pagi dan sore.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote
Veteran

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

alloped-Nggak Nyangka Ternyata Jatuh Cinta Bisa Ngasih Kamu 9 Manfaat Ini Dalam Hidup

Nggak Nyangka Ternyata Jatuh Cinta Bisa Ngasih Kamu 9 Manfaat Ini Dalam Hidup