Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

Di balik baunya yang tidak sedap banyak juga khasiatnya

alloped-Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

Buah memang mengundang rasa penasaran. Bentuknya sedikit lucu dan unik. Bila mencium aroma buahnya yang sudah matang, sedikit menimbulkan mual di perut kalau tidak tahan dengan baunya.
Tapi di balik ciri khasnya yang kurang nyaman di hidung itu, terselip ragam manfaat. Salah satunya untuk kulit yang berjerawat.

Penasaran ada apa dengan buah nyentrik satu ini? Berikut uraiannya!

Bernama latin Morinda Citrifolia, di banyak daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda. Berasal dari daerah Asia Tenggara tergolong dalam famili Rubiaceace, nama lain tumbuhan ini adalah Noni untuk wilayah Hawaii dan masih banyak lagi.

Tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tingginya mencapai 3-8 m, mempunyai bunga bonggol berwarna putih dan majemuk. Jika masih muda berwarna hijau muda bersih dan mengkilap kulit totol-totol. Tapi bila telah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Asal-usul Buah Mengkudu

alloped-Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

Diduga pada mulanya dibawa oleh bangsa Polinesia di Asia Tenggara, yang berimigrasi ke luar negaranya mencari tempat hunian baru. Petualangan mereka berakhir di kawasan Pasifik Selatan, yang kini populer disebut Pulau Hawaii. Bibit yang berupa stek dan tunas berserta barang lain ikut pula dibawa, kemudian di tanam di sana.

Baca : 7 Keunikan Tumbuhan Kelapa Yang Sangat Berguna Bagi Manusia

Hal itu terjadi pada abad 100 Sebelum Masehi. Buah ini begitu dikeramatkan, sebab oleh masyarakat diyakini mampu mengobati segala macam penyakit yang menyerang tubuh. Secara lengkap kandungan mengkudu dapat dijabarkan sebagai berikut :

– Lengkap Nutrisi

alloped-Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

Ada selenium yang berguna untuk antioksidan hebat. Kemudian : Xeronine, plant sterois, alizarn, lycine, sodium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium dan sebagainya.

– Terpenoid

Bermanfaat membantu proses sintetis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

– Zat Anti Bakteri

Mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Proten morganii, Staphylococus aureus, Bacillus subtilis dan Escheria coli. Mengontrol bakteri patogen yang mematikan, seperti : Salmonella montivideo, Salmonella scotmuelleri, Salmonella typhi, Shigella dusenteriae, Salmonella flesnerii, Salmonella pradysenteriae, serta Staphylococus auresus.

– Scolopetin

Mengurangi anti peradangan dan anti alergi. Dipercaya mampu menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit jika dibuat masker. Dengan catatan dilakukan rutin setiap hari sampai benar-benar sembuh.

– Zat Anti Kanker

Paling efektif ditengarai mampu melawan sel-sel abnormal.

– Xeronine dan Proxeronine

Sebagai alkaloid. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid lain. Sedang xeronine diserap tubuh, mengaktifkan protein-protein tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Secara lengkap, keunikan buah tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

• Pohon

Bentuknya tidak begitu besar, hanya sekitar 5-6 meter, bengkok dan berdahan kaku, kasar dan mempunyai akar tunggang yang tertancap dalam. Kayu ini banyak digunakan sebagai penopang tanaman lada.

• Daun

alloped-Mengenal Fakta Unik Si Buah Mengkudu, Salah Satunya Untuk Muka Berjerawat

Daun sangat enak disayur, untuk tumis, urap atau digunakan untuk membungkus ikan yang dimasak dengan cara dikukus dan dibakar. Memang sedikit meninggalkan kesan pahit. Tapi kaya akan vitamin dan mineral penting di dalamnya.

• Buah yang masih muda

Digunakan untuk campuran rujak petis atau bebek. Ditumbuk kasar dicampur dengan bumbu kacang, dan aneka buah lain. Bahkan di Aceh ada semacam tradisi pada bulan puasa sebagai sayuran yang wajib ada. Maka dari itu jangan heran, bila kemudian tanaman ini banyak ditemui ditanam di pagar-pagar rumah penduduk setempat.

Baca : Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

Tinggalkan Balasan

Fun Fact - Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

Fun Fact – Hewan Gajah dan 5 Hal Unik Lain yang Belum Anda Ketahui

alloped-Jangan Terlalu Sedih! Lewati 5 Tahapan Kesedihan dan Jadilah Pemenang

Jangan Terlalu Sedih! Lewati 5 Tahapan Kesedihan dan Jadilah Pemenang