in

Mitos dan Misteri Dibalik Keindahan Danau Ranu Kumbolo

Gunung Semeru adalah merupakan sebuah gunung berapi di Jawa Timur yang berbentuk kerucut dan memiliki ketinggian 3.676 m dpl. Selain gunungnya yang sangat eksotis dan indah, ada satu spot wisata di gunung Semeru yang terkenal penuh kisah misterinya yaitu danau Ranu Kumbolo yang terletak di kaki Gunung Semeru.

Danau tersebut merupakan danau air tawar yang disebut-sebut sebagai surga di kaki Gunung Semeru karena menampilkan keindahan danau alami yang sangat luas dan sunrise dari bukit V yang sangat indah.

Selain itu dari atas Ranu Kumbolo kita dapat menyaksikan pemandangan puncak gunung Semeru yang indah. Tidak hanya itu danau ini juga  yang menjadi tempat pemberhentian para pendaki ketika bertengger di atas Gunung Semeru.

Rasa lelah saat mendaki gunung rasanya hilang dalam sekejap ketika view danau ada di depan mata. Namun tahukah Anda bahwa dibalik semua keindahan tersebut, danau Ranu Kumbolo menyimpan berbagai misteri yang sampai saat ini masih dipercaya oleh beberapa pendaki.

Mitos dan Misteri di Danau Ranu Kumbolo

Apa saja misteri dan mitos yang masih tersimpan sampai saat ini ? langsung saja kita simak informasinya yuuk..

1. Muncul Penampakan Ikan Mas

Di dalam Ranu Kumbolo terdapat berbagai macam spesies ikan. Salah satunya adalah ikan mas. Masyarakat setempat melarang para pendaki untuk memancing di Ranu Kumbolo.

Tujuannya supaya tidak ada satu pun ikan mas yang tertangkap atau dibawa pulang. Konon, kabarnya ikan mas tersebut dahulunya adalah para dayang yang selalu mendampingi Dewi Ranu Kumbolo.

Baca:   Air Terjun Riam Berawan't, Wisata Alam di Bengkayang Kalimantan Barat

2. Mitos Dua Patung gaib

Kedua patung gaib ini bisa ditemukan di Kawasan Arcopodo, kawasan yang sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan setelah mendaki. Namun sayangnya kedua patung gaib ini hanya bisa dilihat oleh seseorang yang memiliki mata batin.

Bagi yang bisa melihat dengan mata batin, konon patung ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang mengatakan ukurannya kecil, sedang, besar bahkan menyerupai raksasa.

3. Penampakan Sosok Dewi Penunggu

Danau Ranu Kumbolo memiliki area pinggiran yang sangat luas. Sehingga area inilah yang sering dijadikan oleh pendaki sebagai tempat peristirahatan, camping, atau bahkan berfoto ria.

Kabarnya beberapa orang pendaki yang pernah mendaki sampai ke Ranu Kumbolo pernah melihat sosok Dewi berkebaya kuning di sekitar pinggir danau. Sosok ini disebut sebagai Dewi penunggu yang muncul saat bulan purnama tiba.

4. Air danau yang suci

Air yang terdapat di Ranu Kumbolo dianggap suci oleh masyarakat setempat. Hal tersebut dianggap wajar saja karena air danau ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam ritual keagamaan.

Itulah alasannya kenapa para pendaki dilarang mandi di dalam danau tersebut. Dibalik itu, tujuannya juga agar air danau tetap bersih.

Baca:   Air Terjun Jugan, Tempat Wisata Alam di Bengkayang Menarik Untuk Liburan

5. Zona blank 75

Daerah ini merupakan area yang pasti dilewati saat kita mendaki ataupun turun dari puncak gunung. Ketika berada di zona ini, pendaki harus berhati-hati, karena kabarnya daerah ini memiliki jurang yang lumayan curam.

Karena kabarnya apabila sampai terpeleset atau jatuh ke dalam zona blank 75 ini,  apabila menjadi korban meninggal dunia maka jasad dari si korban akan sulit ditemukan, dan konon jasadnya akan menghilang begitu saja entah kemana.

6. Misteri tanjakan cinta

Meskipun banyak cerita misteri yang sering kita dengar dari danau ini. Ada kisah unik dari sebelah barat danau Ranu Kumbolo yaitu spot yang berupa sebuah tanjakan menuju ke arah puncak gunung.

Menurut mitos yang sering didengar oleh para pendaki,  kabarnya orang yang selalu memikirkan pasangannya saat mendaki tanpa sekalipun melihat ke belakang dikabarkan akan memiliki kisah cinta yang bahagia. Hmm..bagaimana kalau sebaliknya yaa…

Demikian tadi beberapa kisah misteri dan mitos yang ada di sekitar Gunung Semeru, terutama di danau Ranu Kumbolo.

Namun disamping fenomena misteri yang sering kita dengar tersebut, tentunya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita  dan tak kalah pentingnya saat berkunjung ke danau ini yaitu :

1. Air danau Ranu Kumbolo terkenal bersih dan jernih, sehingga bisa langsung diminum. Untuk itu agar tetap terjaga kejernihan dan kebersihannya,  para pendakidilarang mandi, buang air dan berenang disana.

2. Saat malam hari udara di Danau Ranu Kumbolo bisa mencapai minus 5 derajat Celcius, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membawa jaket khusus mendaki dan perlengkapan penghangat tubuh lainnya agar Anda tetap hangat saat udara dingin.

3. Membawa kantong plastik sendiri khusus untuk tempat sampah, lalu tidak meninggalkan sampah di lingkungan ini meskipun hanya sebungkus permen.

Baca:   Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari Papua Barat

Percaya atau tidak pada cerita misteri Danau Ranu Kumbolo, semuanya balik lagi kepada diri kita masing-masing. Intinya tetap jaga kesopanan dan kebersihan Danau Ranu Kumbolo agar pesonanya tetap bisa kita nikmati sampai anak cucu kita nanti.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Melia Kusumawati

Nama saya Melia,  saya penulis artikel wisata, entertainment dan investasi.

Saya suka sekali menulis berbagai hal dalam kehidupan

Tinggalkan Balasan