Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

tidak hanya lezat bakso ini juga tampilannya unik

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Untuk pecinta kuliner bakso, pasti tidak akan pernah melewatkan tempat bakso yang punya inovasi dan kreasi baru. Karena wajar saja saat ini, bakso sudah banyak sekali variannya. Bahkan sampai menjadi trend di berbagai wilayah di Indonesia.

Maklum saja saat ini bakso sudah menjadi makanan favorit semua orang  Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun suka sekali makan bakso. Saking populernya kuliner yang satu ini, bahkan masing-masing daerah memiliki ciri khas, dari cita rasa, bentuk maupun cara penyajiannya.

Kreasi Kuliner Bakso Unik Asli Indonesia

Nah, kalau Anda pecinta bakso pasti tidak asing lagi dengan berbagai kreasi unik bakso asli di Indonesia ini, kita simak yuuk !

1. Bakso Bakar Malang

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Sejak dahulu bakso Malang sudah sangat terkenal, baik karena cita rasanya yang gurih dan pas cara penyajiannya maupun varian baksonya dan pelengkapnya yang kreatif.  Berbagai kreasi bakso di Malang, bisa Anda temukan, misalnya saja  dari bakso biasa yang standar sampai bakso bakar yang lezat banget.

Jika Anda berkunjung ke Malang coba deh, bakso Tusuknya yang dibakar dan  ditusuk mirip sate. Kalau Anda datang ke Malang cobalah aneka olahan bakso mulai yang standar hingga bakso bakar yang memiliki citarasa menggoda iman.

Disebut Bakso bakar karena bakso akan ditusuk menjadi mirip sate lalu dibakar dengan bumbu kecap dan bawang serta sambal yang rasanya sangat nendang. Di Malang banyak sekali kedai yang menyediakan olahan bakso bakar.

Tetapi kalau ingin merasakan cita rasa bakso bakar yang khas dan melegenda, silahkan saja datang ke kedai yang berdiri di dekat SMPN 2 Malang.

2. Bakso Super Besar

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Rasanya kalau sudah makan bakso pasti ketagihan, apalagi kalau makan bakso yang ukuran kecil mungkin hanya sekali lahap langsung habis. Untuk itu, karena banyak sekali permintaan bakso ukuran besar, sehingga membuat beberapa pedagang bakso mulai menampikan kreatifitasnya agar menambah daya tarik bagi pengunjung warung baksonya.

Salah satunya adalah kedai yang terletak di Jalan Sukawarna, Cicendo, Kota Bandung. Kedai bkaso ini membuat bakso ukuran super besar yaitu 2 kilogram, kebayang kan besarnya dan butuh beberapa orang untuk ikut menghabiskan bakso ini.

Namun sayangnya sejak menyajikan bakso dengan ukuran 2 kilogram, sampai saat ini belum ada yang bisa menghabiskannya. Bahkan, dimakan 4 orang saja masih sisa banyak.

Jadi kalau Anda ingin mencoba bakso raksasa ini silakan siapkan uang 150 ribu rupiah atau jika Anda tidak punya nyali bisa mencoba yang ukurannya hanya sebesar genggaman tangan dengan harga 25 ribu rupiah.

Baca:   Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

3. Bakso Penyet

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Biasanya penyetan yang kita makan pasti berbahan dasar ayam atau tempe. Selebihnya mungkin ikan yang digoreng sampai garing. Namun saat ini, penyetan yang nikmat itu bisa diganti dengan bakso, wah..bagaimana rasanya ya ?.

Ternyata Anda tidak salah dengar. Bakso yang kita makan pakai kuah itu sekarang disajikan dengan sambal penyetan. Perlu Anda ketahui bahwa penyetan ini berasal dari kawasan Surabaya. Namun berkat kreatifitas seorang pedagang bakso yang awalnya hanya dimakan secara normal diubah secara total.

Saat ini bakso bisa dibuat pengganti tempe atau ayam untuk bahan penyetan. Anda bisa menyantap gurihnya bakso goreng yang bisa dimakan menggunakan sambal dan nasi putih hangat. Hmm..enaknya…

4. Bakso Aci Khas Garut

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Nah, lain halnya dengan bakso daging yang sering Anda nikmati, bakso yang satu ini justru berbeda, karena hanya menggunakan bahan baku dari aci atau pati. Bakso Aci khas garut ini, meskipun tanpa menggunakan daging sebagai bahan dasarnya, namun bakso yang satu ini tetap nikmat dan menjadi buruan banyak orang.

Tentu saja karena rasanya yang gurih serta kuahnya yang nikmat akan membuat Anda tidak bosan menyantapnya terus menerus. Adonan dicampur dengan kaldu yang gurih,  isehingga rasanya tidak tawar. Bahan inilah yang menjadikan bakso pati ini sangat laris.

Selain itu racikan bumbu pada kuah juga menjadi nilai tambah apakah bakso unik di Indonesia ini menjadi hambar atau semakin nikmat dan membuat siapa saja ketagihan untuk menyantapnya.

5. Bakso Kerikil Khas Jogya

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Berbeda halnya dari bakso raksasa yang ada di Bandung, bakso kerikil seperti namanya ukurannya sangat kecil. Namun cara membuat adonannya tetap sama seperti bakso kebanyakan, hanya saja dibuat kecil seperti kerikil.

Bakso ini menjadi viral di berbagai media sosial dan bahkan ditiru oleh banyak orang di berbagai daerah. Pada awalnya bakso kerikil dibuat di Yogyakarta, sedikit berbeda dengan cilok yang sedikit memakai daging, bakso ini hanya versi mungil dari bakso standar.

Dengan ukuran kecil, Anda bisa menikmatinya dalam sekali hap saja. Satu sendok bisa berisi 3-5 bakso kecil yang rasanya tetap nikmat dan membuat siapa saja ketagihan.

Baca:   Pakai 12 Cara Ini Biar Kamu Tak Gampang Terpengaruh Pergaulan Negatif

6. Bakso Asap Khas Lamongan

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Bakso asap nyaris sama degan bakso bakar, yang membedakan adalah isiannya. Bakso yang ditusuk dan diasapi ini memiliki beberapa isian seperti daging ayam, hati, ampela, hingga udang. Saat menyantap, Anda akan merasakan nikmatnya adonan daging giling dan sensasi isian yang juga dibumbui dengan sangat sempurna.

Dalam penyajian, bakso ini juga masih diberi kuah, mi, lontong, selada, mentimun, dan juga tomat. Biasanya, penikmat bakso yang ada Jalan Gotong Royong No. 64, Babat, Lamongan ini suka makan dengan cita rasa yang original tanpa tambahan saus atau kecap. Alasannya agar aroma asap atau bakar yang ditimbulkan tidak hilang dan tetap tercium kelezatannya.

7. Bakso Beranak

Nikmati Lezatnya 7 Kreasi Bakso Unik Asli Indonesia

Jenis Bakso yang satu ini pasti sudah sering Anda nikmati, karena sudah sangat populer diberbagai daerah di Indonesia. Maksud dari bakso beranak adalah bakso yang ada di dalam bakso. Begitu membelah bakso ukuran besar, Anda bisa mendapatkan bakso ukuran kecil atau isian lain seperti tahu atau siomay berpadu dengan cabai atau daging cincang yang ada didalamnya.

Makin maraknya inovasi bakso beranak ini, sehingga mudah sekali Anda temukan dimanapun, tidak hanya di kota seperti Surabaya, Jakarta atau Jogjakarta.

Baca:   4 Seni Parenting Generasi Millenial yang Perlu Diketahui

Saya yakin dengan membaca artikel ini saja, Anda semua pasti sudah tergoda untuk menikmati kuliner bakso yang inovatif ini. So, bakso yang mana nih, yang mau Anda coba terlebih dahulu?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Melia Kusumawati

Nama saya Melia,  saya penulis artikel wisata, entertainment dan investasi.

Saya suka sekali menulis berbagai hal dalam kehidupan

6 Nasehat Bijak Buat Kamu Cewek Milenial Agar Sukses Dalam Karir

6 Nasehat Bijak Buat Kamu Cewek Milenial Agar Sukses Dalam Karir

10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal

10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal