in

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus, Jenis-Jenisnya Serta Cara Mencegah dan Menanganinya

cari tahu agar bisa lebih waspada

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus, Jenis-Jenisnya Serta Cara Mencegah dan Menanganinya

Hai hallo semuanya sobat sehat dan teman teman semuanya jumpa lagi bersama saya dengan berbagai macam informasi dan juga solusi tentang kesehatan dan juga pada tulisan artikel saya ini, saya akan membahas tentang penyakit Diabetes Mellitus atau yang masyarakat kita kenal dengan kencing manis.

Penyakit Diabetes Mellitus

Jadi sobat sehat Diabetes merupakan penyakit kencing manis atau gangguan metabolic yang terjadi ketika pancreas atau disebut juga kelenjar ludah perut itu tidak dapat memproduksi insulin atau ketika tubuh kita tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Seseorang yang mengalami peningkatan kadar darah di atas 126mg/dl atau gula darah acakanya sekitar 200mg/dl dan disertai gejala gejala yang khas seperti Polyuria ( Banyak Kencing), Polydipsi (Banyak Minum), Polyfagi (Banyak Makan) sebenarnya seseorang ini telah dikatakan atau telah di diagnose mengalami diabetes jadi ada criteria pemeriksaan lagi seperti HBA1C dan sebagainya tentu saya tidak ingin membahas itu.

Mungkin beberapa dari kamu atau pasien bertanya kepada saya seperti ini:

“Dok, kenapa sih saya mengalami diabetes dan sering mengalami haus kok sering minum terus terusan dan sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, makan saya banyak kemudian ada juga yang bertanya seperti ini

“Tubuh kita kan perlu gula Dok, kenapa bisa sampai kena diabetes dan apakah diabetes itu ada tipe kering dan tipe basah Dok”

kemudian ada juga yang bertanya “apakah orang diabetes akan selalu berakhir dengan amputasi?”

kemudian ada juga yang bertanya “apakah orang yang mengalami diabetes lama kelamaan minum obatnya akan bertambah banyak atau minum obat seumur hidup” jadi pertanyaan pertanyaan ini akan saya bahas dalam artikel saya kali ini.

Setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau mengandung gula, jadi makanan makanan tersebut yang mengandung karbohidrat masuk dalam tubuh akan diubah menjadi energy, jadi tubuh kita membutuhkan energy dari apa yang kita makan tadi. Kemudian glukosa ini merupakan sumber energy bagi otak kita jantung kita bahkan otot otot kita.

Ketika makanan dicerna gula yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi glukosa, dan glukosa akan di transfer melalui darah. Insulin ini seperti sebuah alat trasnnportasi yang mengangkut penumpang dan penumpang yang dimaksud disini adalah gula, jadi tanpa transportasi insulin tadi gula tidak dapat masuk ke dalam pintu sel.

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus, Jenis-Jenisnya Serta Cara Mencegah dan Menanganinya

Pada kondisi normal tubuh kita akan menstabilkan kadar gula darah sesuai jumlah gula atau sesuai jumlah yang dimakan namun apabila mengkonsumsi makanan yang terus menerus yang mengandung tinggi gula. Seperti camilan, permen, soda, dan makanan lain yang memiliki nilai gula yang tinggi lama kelamaan akan terjadi gangguan dalam penyerapan gula darah, dan akan terjadi kerusakan dan peningkatan secara signifikan gula dalam darah.

Jadi sebagai respon atas terjadinya hal ini, pancreas akan berusaha membuat insulin dan melebihi batas sewajarnya. Kemudian disini saya akan menjelaskan gejala polyfagi “Dok, penderita diabetes kan memiliki kadar gua darah yang tinggi kenapa kok saya harus makan lagi. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah tinggi di dalam darah saja.

Baca : Makanan dan Minuman Yang Perlu di Kurangi Saat Ingin Naik Pesawat

Diabetes menyebabkan masalah kompleks yang terjadi pada system imun dan dapat membahayakan ke jantung, ginjal, saraf, dan hormone apabila dibiarkan begitu saja diabetes ini akan menyebabkan komplikasi salah satunya penyakit jantung penyakit ginjal.

Kemudian diabetes ini dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan regenerasi pada luka, dan cenderung luka gampang terinfeksi kenapa bisa terjadi hal demikian? Hal ini dikarenakan karena gula yang tadinya tinggi di dalam darah, tidak dapat masuk ke dalam sel.

Akibatnya luka tadi yang membutuhkan energy membutuhkan nutrisi untuk bergenerasi akhirnya tidak dapat atau tidak mendapatkan cukup energy karena gula tidak dapat masuk ke dalam sel lagi, akhirnya gula tersebut mengalami regenerasi yang lambat dan susah sembuh dan menyebabkan sel sel pada mati. Ketika sel sel banyak yang mati, jaringannya juga banyak yang mati, dan jika jaringan tersebut mati harus di amputasi.

Jenis-Jenis Penyakit Diabetes

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus, Jenis-Jenisnya Serta Cara Mencegah dan Menanganinya

Secara garis besar diabetes dibagi menjadi 2 yaitu tipe 1 dan tipe 2 bukan tipe basah dn tipe kering, mungkin kamu beranggapan mungkin orang yang mengalami diabetes itu lukanya sulit sembuh atau borok itu tipe basah.

Atau mungkin ada beberapa orang yang beranggapan kalau orang yang diabetes itu kurus itu tipe kering. Jadi bukan seperti itu, nah diabetes 1 ini jumlahnya sangat sedikit mungkin sekitar 5% sampai 10% dari seluruh penderita diabetes dan pada tipe 1 ini merupakan tipe yang membutuhkan insulin. Hal ini dikarenakan terjadi pada sel panckreas mereka.

Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang paling banyak yaitu sekitar 90% sampai 95% dari seluruh penderita diabetes yang tipe 2 ini disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak baik tentunya, jadi walaupun belum ada obatnya untuk menyembuhkan diabetes akan tetapi ada cara cara yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol kadar gula dalam darah kamu.

Dengan menu pola makan yang baik serta pendekatan menggunakan pengobatan barat dan timur, dapat membantu penderita diabetes tipe 2 agar gula darahnyya terkontrol. Mengatur pola makan yang ketat termasuk protein yang berkualitas dan ikan serta kacang kacangan dan ditambah buah buahan dan sayuran segar ini termasuk menu makanan yang dianjurkan.

Kemudian melakukan olahraga kardio setidaknya 1 jam setiap hari, kemudian menjaga tingkat stress mennjaga manajemen stress dan terapi akupuntur juga di anjurkan. Disini pendekatan kolaborasi antara pendekatan garis barat dan timur sangat membantu dalam menjaga kadar gula darah dan mengurangi keluhan pasien, Sehingga dapat mengurangi penggunaan obat obatan.

Pengobatan china telah mencatat banyak observasi penderita diabetes selama ribuan tahun, dalam pengobatan china kondisi diabetes dibedakan ke dalam 3 bagian yaitu upper, middle, lower region Contohnya :

  1. Rasa lapar yang berlebihan atau bisa disebut Polyfagia, kondisi pada middle part of body dan berhubunga dengan jaringan limpa pancreas di daerah perut
  2. Haus berlebihan, kondisi ini terjadi pada Upper Body, dan disebabkan oleh permasalahan pada jaringan system paru – paru dan usus .
  3. Buang air kecil terus menerus, pada hal ini terjadi lower body terutama pada organ ginjal

Perlu diingat juga bahwa tidak pernah disarankan dari pengobatan yang kamu jalani tanpa persetujuan dari dokter kamu, jangan kamu memberhentikan obat kamu sendiri sesuka hati kamu, kamu harus bekerja sama dengan dokter kamu.

Pesan saya adalah bekerja samalah dengan mereka dengan dokter kamu dan sebenanya bukan diabetes lah musuh terbesar kamu, melainkan musuh terbesar kamu adalah diri kamu sendiri gimana caranya kamu bisa disiplin , mengkonsumsi makanan yang baik serta pola pikir yang baik dan beroahraga beraktifitas setiap harinya.

Baca : Home Remedies: 5 Bahan di Dapur Ini Dapat Disulap Jadi Obat Yang Lezat Untuk Redakan Flu

Semoga informasi dari saya dalam artile kali ini bermanfaat untuk kamu semua, bagi yang membaca artile ini adalah anak anak coba tolong share kepada orang tua kamu kepada paman kamu dan kepada orang orang yang membutuhkannya. Semoga informasi ini dapat menambah kamu dalam wawasan kesehatan dan terima kasih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Veteran

Written by Admin

Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Merupakan Kebahagian Tersendiri.
"Teruslah Berbagi Selagi Bisa"

11 Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennial Yang Kurang Produktif

11 Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennial Yang Kurang Produktif (Open list) (0 submissions)

alloped-Cara Menghilangkan Penyakit Insomnia atau Susah Tidur dan Tips Mengatasinya

Cara Menghilangkan Penyakit Insomnia (Susah Tidur) dan Tips Mengatasinya