Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

yok cari tahu!

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Masih berhubungan dengan generasi millennial nih teman-teman alloped. Sebenernya siapa sih genersi millennial itu? Karakteristiknya juga apa ya? Apa generasi millennial itu generasi kekinian? Yuk kita baca selengkapnya.

Generasi millennial adalah mereka yang lahi pada tahun 1980an sampai 2000an. Generasi ini juga lahir pada saat Teknologi sudah jauh lebih dari sebelumnya, contohnya layar tv yang kita tonton sekrang sudah berwarna bukan? Kalau zaman dulu sih belum ada warnanya. Alat komunikasi pun sudah jauh lebih berkembang dan tentunya sekarang sudah jauh lebih canggih dan praktis serta dibekali fitur-fitur lengkap yang memanjakan para pemakainya.

Jaringan internet yang sudah mulai diperkenalkan pada tahun 1980an pun semakin berkembang pesat sekarang dan tentunya hal tersebut membuat perkembangan teknologi jauh lebih mudah untuk terus berinovasi. Jadi bisa dibilang generasi millennial ini lahir disaat kemudahan teknologi dan informasi sudah semakin berkembang.

Mengenal Generasi Millenial dan Karakteristiknya

Generasi millennial ini juga sering disebut dengan generasi penerus bangsa karena kemudahan teknologi dan informasi yang dirasakan sekarang diharapkan generasi millennial akan semakin berkembang dan memajukan bangsa ditambah lagi dengan daya saing yang semakin lebih besar. Disebut kekinian, dikarenakan generasi millennial selalu update terhadap hal-hal baru. Karakeristik inilah yang dimiliki generasi millennial.

1. Lebih Terkait Dengan Teknologi

Siapa Itu Generasi Millennial? Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Seperti yang diuraikan di atas generasi millennial lahir disaat teknologi sudah jauh lebih berkembang. Hal ersebut menajdikan beberapa generasi millennial ini sangat terkait dengan teknologi. Mereka sering menjadikan dunia maya yang terkait dnegan teknologi sebagai dunia nyata dikarenakan mereka lebih aktif dalam media sosial alias dunia maya.

Keterkaitan itu menjadikan generasi millennial ini sering berinteraksi dengan handphone ataupun teknologi yang mudah dioperasikan dan dibawa dengan praktis dan tidak memakan banyak tempat.

2. Sangat Aktif Di Media Sosial

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Karena keterkaitan generasi millennial dengan teknologi sangatlah erat tentunya hal ini berdampak pada keaktifan generasi millennial dengan media sosial. Tentunya di zaman sekarang ini sedikit orang yang tidak menggunakan media sosial, hampir semua orang menggunakan media sosial bukan? Entah untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, generasi millennial ini lebih atau bahkan sangat aktif dalam media sosial. Generasi sebelumnya hanya memakai media sosial seperlunya. Aktif di media sosial tentunya membawa dampak baik dan buruk. Karena itu lah keaktifan di media sosial harus dikontrol dengan batas waktu yang wajar agar tidak membawa dampak buruk bagi kehidupan.

Aktif di media sosial juga seperti sebuah keharusan di kalangan generasi millennial, karena dengan aktif di media sosial kita akan saling tahu apa yang teman-teman media sosial kita bagikan di halaman media sosialnya. Mungkin dalam sehari generasi millennial ini bisa menghabiskan waktu total 10 jam untuk hanya aktif di media sosial.

3. Sering Mengabadikan Tempat dan Apa yang Dilakukan

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?
Sumber gambar: http://www.clipartbest.com/cliparts/di6/aX7/di6aX7z5T.jpeg

Sepertinya karakteristik ini sekarang sudah menyebar ke seluruh generasi. Meskipun begitu tentunya karakteristik ini dibawa oleh generasi millennial yang pada mulanya di awali oleh keterkaitan erat dengan dunia media sosial. Banyak bukan sekarang orang-orang yang berfoto di tempat yang mereka kunjungi atau bahkan makanan apa yang sedang mereka makan, entah itu akan dibagikan di media sosialnya atau hanya menajdi koleksi pribadi di galerinya.

Sebenarnya karakteristik ini berdampak buruk bagi orang lain. Karena jika kita menyebarkan apa yang sedang kita lakukan kepada khalayak umum maka bisa jadi akan ada pihak-pihak yang membandingkan kehidupannya dengan kehidupan kita. Pada kenyataannya apa yang kita sebarkan di dunia media sosial belum tentu hal tersebut adalah kenyataan yang kita dapatkan.

Dan pada kenyataannya apa yang kita sebarkan belum tentu lebih baik dari orang-orang yang melihat apa yang kita sebarkan. Berhati-hatilah dalam menyebarkan kegaiatan ataupun kehidupan kalian, jangan sampai itu menjadi dampak buruk bagi diri kita sendiri dan orang lain. Bijaklah dalam menggunakan media sosial.

Baca : 7 Alasan Sederhana Ini Ternyata Bikin Cewek Introvert Kapok Liburan Sendiri      

4. Kurangnya Interaksi Sosial

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Keterkaitan yang erat anatara teknologi khususnya media sosial yang bisa diakses di handphone dengan generasi millennial menjadikan sedikitnya interaksi sosial yang terjadi. Generasi millennial atau bahkan kebanyakan orang saat ini lebih asyik dengan handphonenya daripada brinteraksi atau sekedar bekenalan dengan orang-orang yang ditemuinya di perjalanan.

Manusia adalah mahluk individual dan sosial. Tentunya pada kehidupan nyata banyak hubungan sosial atau sikap sosial yang harus dimiliki oleh orang-orang. Namun dengan adanya teknologi dan media sosial banyak orang lebih memilih mengekspresikan diri dan mengaktifkan diri di media tersebut. Pahal belum tentu semua teman yang kita miliki disana adalah benar-benar teman kita, bisa jadi dia hanya penasaran dengan kehidupan kita.

Kurangnya interaksi sosial pun bisa menjadikan manusia menjadi seseorang yang tidak peduli akan lingkungan sekitar. Semua itu dikarenakan manusia sibuk dengan dunia maya nya tanpa peduli dengan apa yang terjadi dilingkungannya. Atau bahkan jika ada yang terjadipun, orang-orang lebih emmeilih mengabadikannya dan berlomba-lomba menyebarkannya di media sosial, menolong mereka yang membutuhkan dinomor sekiankan.

5. Jarang Membaca Buku(Secara Fisik)

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?
Sumber gambar: https://www.bukuindie.com/wp-content/uploads/2014/03/iStock_000019474392Medium.jpg

Yang dimaksud disini adalah generasi millennial lebih sering membaca informasi atau pengetahuan yang mereka butuhkan melalui internet. Tentu hal ini lebih praktis dan cepat namun pada kenyataannya banyak generasi millennial yang memudahkan tugas mereka dengan hanya mencopas informasi atau pengetahuan yang mereka butuhkan tanpa mereka pahami lebih dulu.

Membaca tentunya adalah jendela dunia, dengan kemudahan jaringan internet tentunya ini akan membuat jendela dunia tersebut terbuka lebih lebar, namun para generasi millennial yang fanatik akan kepraktisan tentu tidak akan memilih membaca seluruh informasi dan pengetahuan yang ada di internet, mereka akan lebih memilih jalan praktis yang tentunya hal ini akan membuat tingkat kreatifitas generasi millennial menjadi tidak berkembang.

Gunakan kemudahan internet sebagai sarana mengembangkan diri dan kreatifitas menajdi lebih maju. Jangan hanya mengcopas tanpa tahu isi dan maksud informasi dan pengetahuan tersebut. Karena dengan kemudahan ini seharusnya lebih memudahkan untuk belajar dna terus belajar.

6. Suka Menghabiskan Waktu di Luar Rumah

11 Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennial Yang Kurang Produktif
Sumber gambar: http://blog.airyrooms.com/wp-content/uploads/2018/01/1.jpg

Kalau tadi kita membicarakan generasi millennial yang kurang berinteraksi, ada pula generasi millennial yang tetap suka kumpul dengan teman-temannya. Meskipun dalam perkumpulan tersebut mereka tidak lepas dari handphone dan media sosial mereka. Kalian sering melihat bukan banyak orang yang berkumpul bersama teman-temannya entah dalam acara khusus atau tidak.

Rupanya hampir kebanyakn generasi millennial menyukai karakteristik ini, yang akhirnya ini menjadi salah stau ciri khas generasi yang sering disebut kekinian ini. Hal ini tentunya baik untuk interaksi sosial, namun jika berlebihan pun akan membawa dampak buruk. Di zaman sekarang ini banyak tempat nongkrong yang membebaskan pelanggan berdiam diri tanpa mengenal waktu.

Banyak juga generasi millennial yang terjebak dengan pergaulan nongkrong malam ini, mereka lupa waktu untuk pulang dan telalu asyik dengan dunia perkumpulan mereka. Tentunya jika sudah seperti ini akan membawa dampak buruk, karena itu kenalilah waktu dan atur waktu kalian dan jangan terlalu hanyut sampa berlaurt-larut.

Baca : 6 Nasehat Bijak Buat Kamu Cewek Milenial Agar Sukses Dalam Karir          

7. Lebih Cepat Dalam Menerima Hal Baru

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?
Sumber gambar: http://www.melinweb.com/wp-content/uploads/2016/10/Tipe-manusia-dalam-menerima-informasi-baru.png

Dengan adanya kemudahan mencari informasi dan pengetahuan menjadikan generasi millennial lebih cepat menerima hal baru dikarenakan mereka lebih sering disajikan dalam dunia media maya hal-hal baru yang datang dari seluruh penjuru dunia. Meskipun tentunya seharusnya informasi dan pengetahuan ini disaring terlebih dahulu baik buruknya.

Sebenarnya dengan adanya sikap keterbukaan atas informasi dan pengetahuan yang sering masuk melalui dunia maya menajdikan generasi millenial lebih mempunyai gambaran akan keberlangsungan informasi dan pengetahuan tersebut pada kedepannya. Geenerasi millennial pun akan lebih siap dengan persaingan internasional yang tentunya akan mencakup skala lebih besar dengan taraf mutu kualitas diri yang jauh lebih tinggi.

Semoga saja kalian yang termasuk generasi millennial atau pun bukan dapat terbuka dengan informasi dan pengetahun yang tentunya harus kalian saring lebih dulu. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan maka informasi dan pengetahuan tersebut hanya akan membuat diri kita tersesat.

8. Haus Akan Teknologi Terbaru

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?
Sumber gambar: https://www.wahlinlaw.se/wp-content/uploads/2017/07/it-och-teknologi-wahlin.jpg

Seperti halnya berlomba-lomba untuk menyebarkan sesuatu yang sedang hangat di media sosial, geneerasi millennial pun tidak ketinggalan akan hausnya teknologi terbaru yang etntunya dirancang untuk lebih maju dibandingkan teknologi sebelumnya. Tidak pernah matinya teknologi menyebabkan para tekniksi yang berkeja di bidang informasi ataupun teknologi itu sendiri lebih giat membuat inovasi akan teknologi sebelumnya.

Generasi millennial menganggap teknologi terbaru akan membuat kelas sosialnya semakin tinggi. Tentu hal tersebut membuat beberapa perdebatan sosial lagi, karena pada umumnya manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang mereka dapatkan oleh karena itu hal ini akan memicu terjadinya persaingan untuk memiliki teknologi yang terbaru dan tercanggih.

Dalam beberapa kasus sosial tentunya hal ini memicu pertengkaran atau pembullyan yang sering terjadi dikalangan remaja. Hal ini harus ditanggapi dengan baik dan penuh pengertian dari pihak orangtua dan diri kita sendiri, karena bagaimanapun kita terus mengejar teknologi tercanggih saat ini akan muncul lagi teknologi lainnya di masa mendatang.

Ada tujuh karakteristik yang kebanyakan melekat pada generasi millennial. Apakah kerakteristik kalian termasuk eksalah stau yang diatas? Sebenarnya generasi millennial ini tentu banyak karakteristiknya, beragam dan unik. Namun pada umumnya karakteristik generasi milllennial kental akan teknologi dan tidak terpisahkan ddari teknologi itu sendiri.

Selain karena kemajuan teknologi itu sendiri, keterkaitan pun disebabkan karena adanya budaya asing yang sudah lebih dulu dekat dengan teknologi yang akhirnya masuk ke budaya kita dan menjalar cepat dikarenakan kebutuhan akan teknologi tidak akan pernah habis. Jangan jadikan ketidak habisan teknologi ini sebagai dampak buruk dan ajang bersaing satu sama lain. Karena tentunya kemampuan setiap orang berbeda.

Baca : 11 Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennial Yang Kurang Produktif

Kemapuan teknologi yang terus berkmbang diharapkan dapat membekali generasi millennial ini untuk terus belajar dan terus akan siap dalam menghadapi persaingan dunia. Yang tentunya nantinya akan berdampak pada kualitas generasi suatu bangsa.

Karakteristik yang dimiliki generasi millennial yang bermaca-macam pun tentunya diharapkan menjadi sebuah keberagaman yang akan membuat perubahan penting yang utamanya diharaokan terjadi di negara kita sendiri yaitu, Indonesia.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Ridha Azhar J

Senang menulis, membaca dan menonton film. tertarik dengan dunia tulis menulis bisa mengunjungi dan membaca karya yang sedang saya tulis di wattpad @ridhazj jangan lupa untuk follow juga akun wattpadnya dan like karya saya. follow juga akun instagram saya @ridhaz14. terimakasih, salam membaca dan menulis para generasi muda dan generasi emas bangsa.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Mengatasi Flu “Influenza” Serta Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Juga Pencegahan

Cara Mengatasi Flu “Influenza” Serta Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Juga Pencegahan

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana