in , ,

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Pasti keunikannya buat kamu kagum

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Jembatan menjadi salah satu daya tarik wisata bagi sebagian wilayah. Struktur jembatan yang terlihat kokoh dan merupakan infrastruktur penting ternyata menjadi pemandangan yang menakjubkan bila dilihat dari segi seni dan pariwisata.

Banyak sudah jembatan yang dibangun untuk menyambungkan medan yang sulit dijangkau seperti kawasan hutan, bukit, pegunungan ataupun laut. Itulah sebabnya, pemandangan jembatan pada setiap daerah pasti memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya semakin tampak eksotis.

Banyak Negara di Dunia Memiliki Jembatan Unik yang Menjadi Ikon Wisata

Beberapa negara besar dan maju juga tidak lupa menjadikan jembatan sebagai destinasi wisata dan mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke negara mereka. Ada yang lokasinya biasa dengan bentuk yang menakjubkan, tidak jarang pula jembatan justru dibangun di lokasi yang ekstrim.

Dengan tambahan “ilusi optik” yang akan mengecohkan pemandangan, pasti kamu semakin penasaran dengan wujud jembatan tersebut dan ingin segera mengunjunginya ya? Yuk simak beberapa diantaranya yang menakjubkan ini.

1. OResund Bridge, Denmark-Swedia

http://www.ritebook.in/2014/11/denmark-and-sweden-connected-by-oresund-bridge.html

Kecanggihan arsitektur bangunan jembatan juga tampak pada jembatan yang satu ini, Oresund Bridge. Jembatan raksasa ini bahkan menghubungkan Denmark dan Swedia melewati lautan. Ada pula terowongan bawah laut yang pemandangannya tidak kalah menakjubkan.

Oresund Bridge juga dikenal dengan nama The Sound  atau Sundet yang bermakna jembatan dua negara. Jembatan ini juga menjadi jalur perairan yang paling sibuk di dunia karena mampu menghubungkan banyak tempat.

Dirancang oleh arsitek Denmark bernama George KS Rotne, Oresund Bridge diresmikan pada tahun 2000 silam. Dengan desain seperti ular di atas perairan laut, Oresund memiliki panjang sekitar 8 kilometer, lalu menjorok ke bawah untuk melintasi terowongan bawah laut sepanjang 4 kilometer.

Konsep arsitektur jembatan yang mengagumkan ini membuat Oresund Bridge banyak diminati wisatawan yang ingin menikmati keindahannya.

2. Aqueduct, Wrexham County

https://www.black-prince.com/the-bloggers-guide-to-the-pontcysyllte-aqueduct/

Jembatan yang berada di Wrexham County, Wales, ini konon telah ada sejak 200 tahun silam. Pemandangan yang menakjubkan di sekeliling jembatan yang tingginya sekitar 38 meter ini pasti membuat kamu terpukau karena keindahannya. Jembatan yang bernama The Pontcysyllte Aqueduct ini bahkan telah ditetapkan UNESCO sebagai situs Warisan Dunia. Apa sebabnya?

Selain dibangun pada 200 tahun silam, jembatan Aqueduct ini merupakan jembatan air yang membuat pengunjung harus menaiki perahu saat ingin melewatinya. Jembatan Aqueduct berhasil menjadi daya tarik wisata bagi turis lokal maupun dunia untuk menikmati pemandangan perbukitan, hutan dan mendengar kicauan burung lokal dari ketinggian jembatan tersebut.

3. Sky Bridge, Malaysia

http://aksn1p3r.blogspot.com/2014/05/most-amazing-scary-bridges-in-world-3.html

Jembatan yang dibangun di Langkawi, Malaysia, ini terbilang cukup ekstrim. Kamu yang hobi memacu adrenalin di ketinggian, sepertinya patut mencoba untuk berada di jembatan unik ini ya?

Sky Bridge Langkawi merupakan sebuah jembatan unik yang dibangun pemerintah Malaysia di puncak Gunung Mat Chinchang. Ketinggian jembatan ini diperkirakan sekitar 2300 kaki dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Sky Bridge Langkawi ini dibangun dengan struktur menggantung pada kabel-kabel dari baja. Kabel tersebut kemudian dikaitkan dengan tiang besar yang berada didekatnya.

Pembangunan jembatan ini dilakukan untuk menghubungkan dua gunung yang letaknya berdekatan dan terdapat jurang di bawah jembatan tersebut. Dengan struktur bangunan yang tidak biasa, jembatan yang memiliki panjang 125 meter dan lebar 1,5 meter ini menjadi salah satu jembatan unik yang ada di dunia.

4. The Moon Bridge, Taiwan

https://twitter.com/chano_sanchez_/status/802181654206906370

Salah satu jembatan unik dan memukau mata juga ada di Taiwan. Jembatan yang bernama The Moon Bridge ini dirancang oleh arsitektur Tiongkok. Disebut sebagai Jembatan Bulan, karena bentuk jembatan yang mirip dengan bulan terutama ketika malam menjelang.

Awalnya, jembatan ini hanya diperuntukkan bagi para pejalan kaki yang ingin menyebrangi kanal namun semakin terkenal karena pemandangan eksotisnya dan membuat para wisatawan pun tertarik berkunjung.

The Moon Bridge berada di taman Dahu Park, wilayah distrik Nehu Taipei dan diresmikan pada tahun 1979 silam. Banyak hal yang bisa dinikmati secara bersamaan di tempat ini.

Kamu bisa menyaksikan pemandangan indah Danau Egret dan kawasan pegunungan Egret yang berada di sekitar Dahu Park tersebut. Jembatan Bulan di Taman Dahu ini sering digunakan sebagai tempat pemotretan para fotografer dunia lho!

Baca : Menguak Tradisi ‘’Si Mangkok Merah’’ Dari Suku Dayak Yang Menakutkan!

5. Jembatan Charles, Ceko

https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/internasional/tempat-wisata-internasional/sumber/republik-ceko-jembatan-charles.html

Jembatan unik ini menghubungkan Kota Tua Praha dan Lesser Town. Jembatan Charles juga dikenal dengan nama Jembatan Batu Gothic karena memang strukturnya terbuat dari bebatuan dan memiliki konsep gothic yang unik.

Dimulai di tahun 1357 silam, jembatan Charles kemudian dirancang oleh arsitek bernama Petr Parler yang merupakan arsitek pembangunan Istana Praha. Konon, Stone Bridge ini memiliki kontur kokoh karena diperkuat dengan mortar dan kuning telur. Charles Stone Bridge mulanya dibuat untuk mengganti Jembatan Judith yang rusak sebelumnya.

Menariknya, pada bagian ujung jembatan ini terdapat menara yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati kota dari ketinggian. Di abad ke XVII, dibangun pula beberapa patung Baroque pada sisi jembatan untuk memperindah tampilannya. Ada keyakinan dari masyarakat lokal bahwa menyentuh salah satu patung di tempat ini bisa mendatangkan keberuntungan lho! Jadi penasaran nih!

6. Jembatan Kaca, Zhangjiajie

https://www.money.id/news/baru-buka-jembatan-kaca-terpanjang-dan-tertinggi-di-dunia-ditutup-160905f.html

Jembatan unik ini pasti akan membuat pengunjung bergidik ngeri. Bagaimana tidak? Jembatan yang dibangun di kota Zhangjiajie, China, itu terbuat dari kaca transparan. Bisa kamu bayangkan ketika berada di atas jembatan dan berjalan di atasnya.

Pemandangan di bawah jembatan yang berupa jurang dengan ketinggian hingga 260 meter tersebut sudah pasti membuat kamu terpukau dan merinding bagi yang takut ketinggian. Jembatan kaca Zhangjiajie ini memiliki panjang 426 meter dan sengaja dibuat oleh pemerintah China sebagai daya tarik wisata bagi para traveler dunia. Tidak jarang pengunjung di sini memanfaatkan momen untuk mendapatkan foto terbaik mereka.

7. Storseisundet, Norwegia

http://unikasik-windu.blogspot.com/2012/03/foto-lengkap-jembatan-mabuk.html

Norwegia memiliki jembatan unik yang dinamakan Storseisundet. Keunikan jembatan yang satu ini adalah struktur bangunan yang sangat ekstrim dan cukup berbahaya bila kamu memutuskan untuk melewatinya. Mengapa demikian?

Storseisundet merupakan jembatan yang menghubungkan daratan Norwegia dengan Pulau Averoya. Dengan bentuk melengkung tajam dan curam, jembatan ini juga dibekali dengan “ilusi optik” yang membuat seolah kendaraan akan terputus di tengah jembatan saat melewatinya.

Jembatan yang juga disebut “Jembatan Mabuk” ini memang dikenal cukup ekstrim, terutama bagi mereka yang baru kali pertama melewati jembatan ini. Bentuknya yang tidak biasa dengan ketinggian dan lengkungan curam, membuat jembatan yang satu ini juga tergolong sebagai jembatan berbahaya dan harus ekstra hati-hati saat melintasinya. Kamu tertarik mencoba?

8. Millau Viaduct, Prancis

https://www.rumahku.com/artikel/read/millau-viaduct-si-jembatan-tertinggi-di-dunia-39425

Kali ini kamu bisa menikmati jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi  di Prancis. Millau Viaduct merupakan jembatan yang melintasi lembah sungai Tarn yang ada di kawasan Millau Perancis bagian Selatan.

Keindahan jembatan ini adalah ketinggiannya yang bisa membuat kamu seperti berjalan di atas awan, terutama saat kabut menebal di sekitarnya. Ketinggian pilar di jembatan ini bahkan 43 meter lebih tinggi dibandingkan Menara Eiffel yang lebih dulu memikat wisatawan.

Millau Viaduct merupakan jembatan kabel raksasa yang didesain oleh seorang arsitek bernama Norman Foster dan dibantu oleh Insinyur Sipil Michel Virlogeoux. Kamu pun bisa menikmati jalan raya di ketinggian mencapai 270 mdpl, dan bisa dilintasi menggunakan kendaraan. Keren kan?

Baca : Fakta Unik Bunga Sakura! Ternyata Pohonnya Berasal Dari Pegunungan Himalaya

9. Buxian, Huangshan

https://www.ensonhaber.com/galeri/nefes-kesen-manzarasiyla-huangshan-dagi-koprusu

Jembatan yang dibangun oada tahun 1987 silam ini memang menampilkan struktur yang berbeda. Buxian Bridge berada di Huangshan, Cina, yang dibangun dengan panjang sekitar 10 meter saja.

Namun, kamu perlu tahu keindahan yang bisa disaksikan dari jembatan ini yaitu pemandangan luar biasa berupa bebatuan besar dan tebing tinggi yang menginspirasi. Bahkan tempat ini diakui sutradara Avatar, James Cameron, adalah tempat dirinya menemukan inspirasi untuk film terlaris itu.

Desain jembatan tidak biasa dengan jalan setapak menurun dan keunikan pemandangan yang membentang disisi jurang. Jembatan Buxian disebut sebagai jembatan negeri dongeng oleh para wisatawan yang mengagumi keindahan arsitekturnya.

10. Banpo Bridge, Korea Selatan

http://www.ceritakorea.com/2016/01/16/menikmati-cantiknya-moonlight-rainbow-fountain-di-banpo-bridge/

Banpo Bridge adalah jembatan utama yang berada di kota Seoul, Korea Selatan. Jembatan ini melintasi Sungai Hangang serta menghubungkan distrik di wilayah Seocho dan Yongsan. Pembangunan Jembatan Banpo diresmikan pada tahun 2009 silam.

Jembatan yang berdiri di atas jembatan Jamsu ini memiliki atraksi menarik berupa air mancur jembatan yang berwarna seperti pelangi. Tidak hanya itu, pertunjukkan air mancur terpanjang itu bahkan sudah masuk pada rekor Guiness World.

Indahnya jembatan Banpo dimulai pada saat matahari mulai terbenam. Sekitar 200 lampu beraneka warna akan menyinari air mancur yang bermuara di Sungai Hangang dibawah jembatan. Banyak yang menyebutnya dengan Banpo Bridge Rainbow Fountain karena pemandangan indah air mancur di sana.

Di lokasi yang sama, kamu juga bisa menyaksikan Banpo Bridge Rainbow Fountain  Festival yang diadakan setiap bulan April. Jadwal ini biasanya dipakai banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke Korea dan menikmati keindahannya.

11. Golden Bridge, Da Nang

https://www.designboom.com/architecture/giant-hands-golden-bridge-vietnam-07-23-2018/

Vietnam juga merupakan negara dengan koleksi jembatan unik yang memukau. Salah satunya bernama Golden Bridge yang terletak di Da Nang, Vietnam. Jembatan ini didesain sangat atraktif karena terdapat dua tangan raksasa yang menopang badan jembatan.

Ketinggian jembatan unik ini sekitar 1400 mdpl dan bersembunyi di bukit Ba Na, Vietnam. Dengan panjang 150 meter dan terbagi menjadi 8 rentang, jembatan ini konon dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 2 Miliar US$.

12. The Python Bridge, Amsterdam

https://www.reddit.com/r/bridgeporn/comments/7vn2o1/python_bridge_amsterdam_1024_x_684

Sebagai negara yang aktif dalam pembangunan infrastruktur, Belanda juga tidak mau kalah menyuguhkan panorama indah sebuah jembatan. The Python Bridge yang ada di Amsterdam ini menjadi bukti kelihaian arsitektur menciptakan desain jembatan yang membentang diantara Sporenburg dan Pulau Kalimantan yang ada di Eastern Docklands ini.

Jembatan yang dibangun pada tahun 2001 silam tersebut berhasil menyabet penghargaan Footbridge Internasional pada satu tahun setelah dibangun. Dengan desain unik dan pola warna merah yang menjadi ciri khas, jembatan ini berhasil memukau setiap wisatawan yang mengunjungi Amsterdam.

Baca : 7 Sungai Paling Aneh Di Dunia, Pasti Bikin Kamu Penasaran Untuk Mengunjunginya

Nah, itulah deretan jembatan unik yang akan membuat siapapun tertarik dan berkesan mengunjunginya. Kamu yang hobi plesiran, pastinya juga penasaran dengan lokasi dan pemandangan menakjubkan di sana kan? Yuk, buruan packing ranselmu buat ke jembatan unik di atas.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Advocate

Written by Yanita Nurhasanah

Menulis bukan awal mudah, akan tetapi akan menjadi sangat menyenangkan saat sudah terbiasa.

Story MakerStory Maker
Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Siapa Itu Generasi Millennial Dan Bagaimana Karakteristiknya?

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Bagaimana Karakteristikmu