Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Bagaimana Karakteristikmu

Generasi millenial atau disebut juga generasi Y

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Siapa yang tak tahu dengan generasi millennial ? Secara, generasi jaman now. Pasti tau dong. Hehehehe.

Istilah generasi millennial tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar dari Amerika, yaitu William Strauss dan Nell Howe.
Jadi siapa sebenarnya generasi millennial ?

Apa Itu Generasi Millenial dan Bagaimana Karakteristiknya?

Mengenal Generasi Millenial dan Karakteristiknya

Generasi millenial atau disebut generasi Y juga akrab disebut generasi me atau boomers. penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada tahun 1980 – pada awal 2000 sampai seterusnya. jadi sekarang ini usia generasi millennial sekarang diperkirakan 18 – 38 tahun.

Generasi millenial umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers dan Gen-X yang tua. Milenial kadang-kadang disebut sebagai “Echo Boomers” karena adanya ‘booming”.
Pertanyaannya adalah “apakah kamu termasuk generasi millennial ?” Ya.

Bila kamu lahir pada siklus tahun 1980-2000, maka jawabannya adalah iya.

Jadi aku dan kamu termasuk generasi millenial lho!

Generasi millennial memiliki karakteristik tersendiri yaitu generasi millennial tidak pernah lepas dari kata teknologi.Generasi millennial lahir pada era internet dan saat tv sudah ada warna. Akrabnya dengan dunia teknologi dan sarana komunikasi menjadikan generasi millennial membuat para generasi internet tersebut mengandalkan media sosial alias medsos sebagai tempat mendapatkan informasi.

Generasi millennial banyak tidak menyadari kesempatan-kesempatan besar di depan mereka padahal banyak peluang besar. Karakteristik generasi millennials lainnya adalah cenderung cuek terhadap keadaan sosial disekitar mereka.

Cuek aja, yang penting gaya. Kurang lebih gambaran sikap para generasi millenial umumnya.

Bagi mereka yang terpenting eksis di media sosial. Yang penting follower-nya banyak. Sekolah atau kuliah kini cuma jadi formalitas “ijazah” saja. Tak jarang sekolah telah berubah menjadi ajang pamer saja. Tak heran bila angka bullying kian meninggi setiap harinya. Yang kuat semakin merajalela menindas yang dianggap lebih lemah darinya. Atau sekadar meningkatkan pamor semata.

Apa Itu Generasi Millenial dan Bagaimana Karakteristiknya?

Hanya segelintir dari generasi millenial saja yang memanfaatkan teknologi dengan bijak . Sisanya? Hanya tersisa generasi millennia yang hanya peduli untuk membanggakan pola hidup kebebasan. Memiliki visi yang tidak realistis, yang terpenting Hanya memikirkan gaya. Etika sosial dari generasi millenial kini banyak diperbincangkan, mulai dari segi moral, budaya dan etika.
Bagaimana Ciri Generasi Milenial ?

Apa Itu Generasi Millenial dan Bagaimana Karakteristiknya?
Sumber gambar : selasar.com

Untuk mengenali generasi Millenial sudah banyak panduan yang menjabarkan ciri-cirinya agar mudah dikenali. Pertama amati gaya berpakaian mereka. Namanya juga manusia, pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Namun pada umumnya gemar berbusana casual seperti kaos dan jeans. Hayo, pada ngaku! Nggak apa-apa. Penulis juga suka kok.

Mulai dari kaos abang-abang sampe yang branded sekalipun. Branded? Jangan salah sangka lho, meski hanya kaos, banyak juga yang mencapai jutaan rupiah. Mereka biasanya membeli melalui toko – toko merk terkenal. Tapi kalo author pribadi sih nyari yang diskon-diskon aja. Hihihi. Lumayan.

Baca : Ini Nih, Cara Terbaik Menarik Hati Gebetan Berdasarkan Dari Zodiak Mereka

Apa Itu Generasi Millenial dan Bagaimana Karakteristiknya?

Sepatu yang digemari adalah jenis Sneakers Terbaru keluaran toko olahraga ternama. Tanpa menyebut merek, pastilah Anda paham karena merek-merek ini rajin sekali menjadi sponsor.

Generasi millennial juga berbeda-beda di tiap negara lho! Mengingat budaya lokal yang turut mempengaruhi. Contoh kita lihat negara tetangga kita, Filipina. Seorang warga Filipina mencoba mengomentari karakteristik para Generasi Millenial.

“Generasi Milenium di Filipina digambarkan sebagai orang-orang yang bergantung pada media sosial dan juga generasi “selfie”.

”Namun, ada juga sikap baik yang dimiliki oleh milenium: secara politik dan sosial. Dibandingkan dengan generasi lain, kaum milenial memiliki pendapat tentang isu-isu dan lebih terlibat dengan politik.” Ujarnya kembali menimpali pendapat sebelumnya.

Kalo menanggapi pernyataan tersebut. Jangankan Filipina, Indonesia pun remaja millenialnya juga pada rajin update.

The Week juga turut mengemukakan pendapatnya tentang karakteristik para generasi millenial. Menurut The Week, kaum millennial biasanya senang menghabiskan uang mereka. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk pada ekonomi generasi millenial.

Milenium di Filipina misalnya biasanya menghabiskan waktu untuk barang-barang mewah yang meninggalkan rekening bank mereka terguncang — alasan mengapa mereka juga digambarkan sebagai “pecah.” Generasi milenium juga digambarkan sebagai narsisis, membuat mereka dikenal sebagai “Me, Me, Me Generation” .

Karakteristik generasi millennial berbeda – beda, itu tergantung wilayah dan kondisi sosialnya. namun generasi millennial ditandai dengan teknologi digital, media dan komunikasi. Sebagian besar di dunia generasi millennial terlibat dalam liberalisasi politik dan ekonomi.

Menurut livesscince.com, berdasarkan sebuah studi pada tahun 2012, menunjukkan bahwa generasi millennial terkesan lebih individual, tidak peduli dalam kehidupan atau masalah politik, kurang peduli dalam membantu dalam sesama jika dibandingkan dengan generasi X dan generasi baby boom pada saat usia yang sama.

Apa Itu Generasi Millenial dan Bagaimana Karakteristiknya?

Studi ini sendiri berdasarkan dari analisanya terhadap dua database dari 9 juta orang yang duduk di bangku SMA atau yang baru masuk ke perguruan tinggi. Nah , generasi kita kini mempunyai sisi negatif juga, seperti mempunyai karakteristik yang malas, narsis, dan suka sekali melompat – lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya.

Akan tetapi generasi kita ini mempunyai sisi positifnya, yaitu mempunyai pikiran yang terbuka dan pendukung dalam kesetaraan hak. generasi ini mampu mengekspresikan perasaannya, termasuk percaya diri, ekspresif diri, liberal, ceria dan mudah menerima ide-ide dan cara hidup baru.

Meskipun dipandang sebagai lebih liberal, beberapa generasi Millennials memegang prinsip “bucking the trend”. Apa itu? Bucking the trend adalah istilah bagi orang yang melawan norma atau pendirian saat ini dari populasi utama alias memiliki pendapat yang berbeda dari mayoritas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 31 Maret 2017 oleh Dewan Keluarga Kontemporer menemukan bahwa para senior sekolah menengah semakin percaya bahwa pria harus menjadi pemenang roti dalam suatu hubungan dan seorang wanita harus merawat rumah. “Ini adalah pembalikan tetap,” kata rekan penulis studi Joanna Pepin, seorang kandidat doktor dalam sosiologi di Universitas Maryland.

Para generasi “maniak” Handphone?
Entah pria atau wanita, bahkan remaja kencur sekalipun. Semua hobi menyandang tas yang cukup besar dan mahal – mahal.

“untuk apa yah ?” ” isinya apa?”

Isinya tak lain adalah peralatan gadget.
Ketergantungan gadget sudah sangat mewabah. Kayak virus.

Apa aplikasi favorit kalian? Instagram? Twitter? Atau Snapchat?
Atau mungkin medsos lain? Cafe-cafe kekinian pun makin laris, terlebih bila menyediakan spot foto menarik. Biar IG dan Snapchat makin menarik dan update . Hihihi.

Tren streaming musik dari Spotify atau Joox dan video lewat YouTube juga kian merajalela. Televisi bahkan jarang kamu toleh sejak mengenggam handphone.

Koran pun telah berevolusi, kamu membaca nya paling hanya lewat situs saja, seperti Kompas.com atau Tribun.com. Cukup mengunduh dari gadget, dan kamu dapatkan berita fresh selalu. Tak perlu biaya berlangganan koran lagi deh! Bahkan jadi lebih hemat.

Atau kamu lebih pilih lihat info lewat WhatsApp atau Instagram ? Yah, semuanya sesuai selera masing-masing. Nah, berikut ini ada 6 Tipe Generasi jaman now berdasarkan yang kita lihat di sekitar kita. Monggo dibaca, siapa tahu kamu salah satunya.

1. Millennials Aktif

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Generasi millennial ini mereka aktif menyuarakan pendapat mereka dan dari media sosial lah mereka berpendapat, bukan diisi dengan foto-foto selfie kekinian, namun banyak quote – quote yang menginspirasi. tapi buka quote aja lho tapi dibarengi dengan aksi nyata di kehidupan mereka.

Selain aktif menyuarakan pendapat mereka, mereka ini juga aktif berpartisipasi di kegiatan sosial, semisal ikut serta mengajar di kegiatan Indonesia mengajar, 1000 guru atau justru membentuk organisasi sendiri yang memiliki tujuan sosial untuk masyarakat.

2. Si Update to date

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Bisa dipastikan kalo tipe ini mungkin orangnya famous, atau mungkin merasa famous meski kenyataan nggak. Selalu update, mulai dari trend mode terbaru, makanan kekinian hingga model handphone nur wahid. dipastikan isi handphonenya foto – foto selfie di tempat trend atau foto Selfie dengan gaya trend. milliennials ini selalu mengikuti style – style kekinian.

3. Si Gadget addict

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Tipe ini kapan pun dan dimana pun tak terlepas dari namanya handphone. Entah lagi kongkow bareng temen, makan, minum, bahkan ke toilet pun bareng si hape. Kayaknya si pacar wajib cemburu sama itu hape. Lengketnya lebih- lebih dari perangko!

Baca : 11 Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennial Yang Kurang Produktif

4. Si Angin

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya
Joey Alexander at a rehearsal studio in New York, NY. Sept. 25, 2016

Kenal sama Joey Alexander? Sekarang siapa sih tidak tahu dia. nominator termuda Grammy yang berasal dari Indonesia. tidak banyak yang tahu tentang dia sebelum dia menjadi setenar sekarang. Tanpa gembar gembor, tiba – tiba dia sudah banyak menghasilkan karya yang bisa dibilang luar biasa di usia dia yang terbilang sangat muda.

5. Si Nyinyir

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Tipe ini hobinya nyindir sampai nyinyirin orang yang mereka gak disuka. Generasi millenial jenis ini biasanya aktif komen di medsos orang, semisal ikut perang komentar di instagram artis, atau bahkan aktif marah-marah di kolom komentar facebook akun portal berita.

Tipe ini biasanya aktif komentar dan sibuk menyalahkan orang, tapi tidak memberi solusi, bersembunyi di balik layar gadget atau laptop, namun tidak berbuat apa-apa untuk bangsa ini. Millenials jenis ini sangat wajib kalian hindari. So, gunakan media sosialmu dengan lebih bijaksana ya, guys!

6. Si Galau Berkepanjangan, #jomblodilarang

Yakin Kenal Sama Dirimu, Millennial? Yuk Kenali Karakteristiknya

Waduh, sampe pake hashtag segala. Hihihi. Millennial ini kayaknya kebanyakan nonton Drakor (drama Korea). Dikit – dikit baper, putus dikit mewek, putus sebentar langsung galau.
Biasanya milliennial ini biasanya nge-share kalimat – kalimat galau di akun media sosialnya,

Ada ada saja tingkah jaman Now. Kalo ribut sama pacar, seantero dunia harus tahu. Hmmm…

Itulah sedikit pemahaman tentang generasi Millennials. Dari sana kamu bisa tahu bagaimana pandangan masyarakat umum terhadap generasi milliennial. Apakah kamu setuju? Silahkan beri tahu kami pendapatmu. Semoga menambah wawasan dan membuka pikiran kamu tentang identitas generasi millennial ya. Stop jadi anak muda yang labil dan mulailah berkarya!

Diambil dari berbagai sumber dan diubah seperlunya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Hilda Alintria

Seorang yang hobi menulis artikel dan menyukai dunia blog. Selain itu juga suka membuat desain digital. Saat ini tengah sibuk menulis artikel di sebuah blog berbahasa Inggris.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Uniknya 12 Jembatan di Dunia Ini Dijamin Buat Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Inilah 6 Alasan Pernikahan Dini Banyak Terjadi di Generasi Millenial

Inilah 6 Alasan Pernikahan Dini Banyak Terjadi di Generasi Millenial